Perbedaan Hasil Belajar Tematik dengan Penerapan Model Kooperatif Tipe Picture and Picture

Nur Fuji Lestari, Herpratiwi Herpratiwi, Erni Mustakim

Abstract

The problem in this research is thematic learning outcomes students are still low. The purpose of this research was to find out whether there is influence of the application cooperative learning model of type picture and picture toward the thematic learning outcomes. Method used is an experiment that is pre-experimental design with type design one group pretest – posttest design. The population of this research is the grade IV SDN 2 Bulok Kec. Kalianda as much as 53 students, with sample class IVA is as much as 28 students. The techniques collecting data through the test and documentation. Data were analyzed using the t test that is t-test dan paired sampel t-test. The results of research obtained that there are differences in thematic learning outcomes students before and after applying the cooperative model of type picture and picture.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar tematik peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar tematik. Metode yang digunakan adalah eksperimen yaitu pre-eksperimental design dengan jenis desain one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 2 Bulok Kec. Kalianda sebanyak 53 peserta didik, dengan sampel adalah kelas IVA sebanyak 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji t yaitu t-test dan paired sampel t-test. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar tematik peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan model kooperatif tipe picture and picture.

 

Kata kunci: model kooperatif tipe picture and picture, hasil belajar tematik

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Anggita, Ria. 2013. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SDN Sumogawe 03 Kab. Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Diakses melalui http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8219 pada tanggal 3 Desember 2017

Arikunto, Suharsini. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aziz, Azmahani A., dkk. 2012. “Evaluation On The Effectiveness Of Learning Outcomes From Students Perspectives”. Procedia-social and behavioral sciences. Vol. 56, 22-30. Diakses melalui https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042812040906 pada tanggal 22 Maret 2018

Dewi, Larasasti Khrisna. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 11 Bandung. Diakses melalui http://onesearch.id/Record/IOS2897.28119 pada tanggal 8 Desember 2017

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nurrohmah, Indah. 2014. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Perjuangan Melawan Penjajah dengan Model Pembelajaran Picture and Picture Siswa Kelas V Semester Genap di MIM Tempursari Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Diakses melalui http://digilib.uin-suka.ac.id/14103/ pada tanggal 8 Desember 2017

Pradina, Yaumil Ainin dan Wiwik Dwi Hastuti. 2017. The Effect of Picture and Picture Learning Model towards Science Outcomes for Students with Hearing Impairment in the Class VII. Journal of ICSAR. Vol. 1 no. 2. Diakses melalui http://journal2.um.ac.id/index.php/icsar/article/view/402 pada tanggal 22 Maret 2018

Putri, Maya. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pedagogik. Vol. 4 No. 3. Diakses melalui http://digilib.unila.ac.id/21726/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf pada tanggal 8 Februari 2018

Riyanto, Bambang. 2012. Dasar-Dasar Pembelajaran. Edisi 4. Yogyakarta: BPFE

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suwastini, Luh Sri. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Wacana Narasi Siswa Kelas IV Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014 di Gugus VII Kecamatan Sukasada. e-journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2 no. 1. Diakses melalui https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/3841/3080 pada tanggal 3 Desember 2017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.