Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa
Abstract
The problem in this research is the low of student learning result of grade V SDN 7 Yosomulyo. This study aims to determine differences in learning outcomes before and after the application of contextual approaches on the theme of the 6 sub themes 2 and to know the effect of learning outcomes on the theme of the 6 sub themes 2 with the application of contextual approaches to students. The population in this study were all students which amounted to 50 students with the sample research using purposive sampling with VA class sample which amounted to 25 students. Data collection in this research is by using observation and test technique, while data analysis using simple linier regression formula and test analysis T independent Polled Varian. The results of data analysis showed that there are differences in student learning outcomes between before and after the application of contextual approach and there is influence of contextual approach to student learning outcomes.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 7 Yosomulyo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan pendekatan kontekstual pada tema 6 sub tema 2 serta untuk mengetahui pengaruh hasil belajar pada tema 6 sub tema 2 dengan penerapan pendekatan kontekstual.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 50 siswa dengan sampel penelitian menggunakan purposive sampling dengan sampel kelas VA yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik observasi dan tes, sedangkan analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana dan analisis uji T independent Polled Varian. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah penerapan pendekatan kontekstual serta terdapat pengaruh pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: pendekatan kontekstual, pembelajaran IPA, hasil belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta . Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabetzx.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Kemendikbud.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).
Sukerti, Ni Nyoman, A.A.I Ngurah Marhaeni dan Ni Ketut Suarni. (2014). Pengaruh Pembelajaran Tematik Terpadu melalui Pendekatan Saintifik terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tibubeneng Kuta Utara. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Diakses melalui http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/ Volume 4 No 2 Hal 1 – 4
Suhendi. (2014). Pembelajaran Sains Dalam Desain Pendekatan Tematik Integratif. Jurnal Tarbawiyah. Diakses melalui http://e-journal.metrouniv.ac.id/index Volume 11 No 3 Hal 221-225
Mulyadi, Marzuki dan Andi Usman. (2014). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Lingkungan Untuk Perolehan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Diakses melalui http://jurnal.untan.ac.id/index Volume 4 No 3 Hal 1-4
Refbacks
- There are currently no refbacks.