Pengaruh Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar IPS SD

Ella Agustina, Siswantoro Siswantoro, Muncarno Muncarno

Abstract

The problem in this research is the low learning result of Social Sciences (IPS). The purpose of this study was to determine the effect of the use of cooperative learning model type Student Team Achievement Divisions (STAD) to IPS learning outcomes. This type of research is experimental research. Technique of collecting data is done by test technique and student response questionnaire. The population of this research is all students, sampling technique that is technique of non-probability sampling counted 48 Student. The result of this research is the average of posttest in experiment class that is 73,33, higher than control class that is 66,67, it means there is improvement of student learning result of IPS. Based on hypothesis testing using independent t-test formula is known that Tcount > Ttable is 2.47> 2.021, it can be concluded there is significant influence on STAD learning model on learning result of IPS.

Pengaruh Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS (IPS) siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket respon siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampel jenuh sebanyak 48 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah rata-rata posttest di kelas eksperimen yaitu 73,33, lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 66,67, itu berarti ada peningkatan hasil belajar IPS siswa. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan rumus independent t-test diketahui bahwa t hitung > t tabel adalah 2,47> 2,021, maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar IPS.

Kata kunci: STAD, hasil belajar, IPS

References

Anggraeni (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Bengkulu. Https://Repository.unib.ac.id. Diakses pada Tanggal 21 Mei 2018.

Ferbiana (2016). Efektivitas STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas VII. Https://journal.unj. ac.id. Di akses pada Tanggal 21 Mei 2018

Dela Fransiska (2013). Pembelajaran Kooperatif, Sebagai Salah

Satu Model Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyya (Mi). https://Journal.uny.ac.id. Diakses pada tanggal 21 Mei 2018.

Imas, Kurniasih dan Sani, Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta. Kata Pena.

Kemendiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20

Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.

Marsih (2013) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Soal Cerita Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. https://media neliti.com, diakses pada tanggal 21 Mei 2018.

Rismah (2014). Model pembelajaran kooperatif.Https://skp.unair.ac.id. Diakses pada tanggal 21 Mei 2018.

Rusman, 2014. Model-model Pembelajaran, Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Suratno (2013) Pengaruh Penerapan STAD Terhadap Terhadap Hasil Belajar IPS. Https://mediapeneliti.com. Di akses pada tanggal 21 Mei 2018

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta.Prenadamedia Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.