Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Tematik
Abstract
The problem in this research is the low of thematic learning result of fourth grade students of SD Negeri 2 Metro Selatan. The purpose of this research is to know the significant effect on applying cooperative learning model type make a match to thematic learning result. This research type is experiment. The research design used is nonequivalent control group design.The data collection tool uses multiple choice tests and questionnaires. Based on hypotesis testing using independent sample t-test formula can be concluded there is a significant influence on the effect of cooperative learning model type make a match on the students thematic learning result of class IV SD Negeri 2 Metro Selatan.
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar tematik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalen control group design. Alat pengumpulan data menggunakan tes pilihan jamak dan angket. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan.
Kata kunci: make a match, hasil belajar, tematik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Artawa, Robet. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD di Gugus I Kecamatan Selat. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesa. 158-168
Cakyamuni, Ayu. 2015. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Negeri 1 Bali Sahdar Utara. Skripsi Universitas Lampung. Lampung. Dapat di akses di http//digilib.unila.ac.id/26845/17/SKRIPSI% 20TANPA %20 BAB%PEMBAHASAN.pdf. Diakses pada 7 April 2018 pukul 10.00.
Gading, I Ketut & Kharisma. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Journal of Education. Vol.1 (2) pp. 153-160
Hartanti, Hana. Mamat & Murdiyah. 2015. Effect Of Implementation Of Cooperative Learning Model Make A Match Technique On Student Learning Motivation In Social Science Learning. International Electronic Journal of Elementary Education, Vol.2 (3) pp. 451-468.
Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametri kuntuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Sisdiknas. 2003. Undang-undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas RI.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. (pendekatan kuan-titaif, kualitatif dan R&D). Bandung. Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadia Media.
Taurina, Zane. 2015. Students’ Motivation and Learning Outcomes: Significant Factors in Internal Study Quality Assurance System. Red Cross Medical College of Rīga Stradiņš University, Latvia. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education (IJCDSE). Vol. 5. No. 4. 2625-2630.
Tran Van Dat. 2014. The Effects of Cooperative Learning on the Academic Achievement and Knowledge Retention. Inter-national Journal of Higher Education.Vol. 3. No. 2. 128-143.
Wiguna. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Gugus III Ke-camatan Rendang. Jurnal Mim-bar PGSD Universitas Pen-didikan Ganesha Vol. 2 No. 1. 32-43
Zakaria, A & Iksan, Z. 2007. Promoting Cooperative Lear-ning in Science and Mathematics Education: A Malaysian Persp-ective. Eurasia Journal of Ma-thematics, Science & Technology Education. Vol. 3. No. 1. 35-39.
Refbacks
- There are currently no refbacks.