Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Hasil Belajar IPS
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Sribasuki. Penelian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalent Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes mengetahui hasil belajar dan angket untuk mengukur efektivitas pengaruh model problem posing. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar. Pengujian hipotesis menggunakan rumus diperoleh data uji-t sebesar 2,16 sedangkan ttabel sebesar 2,021, perbandingan tersebut menunjukan (2,16 > 2,021) berarti Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar.
Kata kunci: problem posing, hasil belajar, IPS.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Brahim, Theresia, K. 2015. Pengetahuan Tentang Kurikulum Bagi Mahasiswa SD. Jakarta. Peduli Bangsa.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung. Bumi Aksara.
Kemendiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.
Kilic, Cigdem. 2017. A new problem-posing approach based on problem-solving strategy: Analyzing pre-service primary school teachers’ performance. Turki. Educational Sciences. Jurnal Pendidikan Internasional. Istanbul Medeniyet University. Istanbul. Diakses 11 Januari 2018 Pukul 22.00 WIB. (https://search.ebsco.com/).
Permana, Indra, Arie, Putu I. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan. Bali. Universitas Pendidikan Ganesa. Diakses 17 November 2017 Pukul 07.26 WIB. (https://scholar.google.com/).
Puspitasari, Lilik. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing. Jawa Timur. Jurnal Pendidikan. IAIN Tulung Agung. Diakses 17 November 2017 Pukul 07.30 WIB. (https://scholar.google.com/).
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana.
Thobroni, Muhammad, Arif Mustofa. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembengunan Nasional. Yogyakarta. Ar-ruzz Media.
________. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembengunan Nasional. Yogyakarta. Ar-ruzz Media.
Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
_________. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Zarkasyi. 2017. Metode Pembelajaran Matematika. Jakarta. Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.