Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Tematik

Yuli Yanti, Herpratiwi Herpratiwi, Erni Mustakim

Abstract

The problem in this research is the low of learning result in thematic learning at SDN 1 Mulyosari. This study aims to determine the effect of the implementation of guided inquiry learning model on the results of class V thematic learning. Research method used by the writer is pre experimental designs research with one group pretest posttest design. The population in this study is all students of class V SD The sample in this research is VC Elementary School students of SD Negeri 1 Mulyosari number of 26 students that is class that used as control class and experiment class. Analysis of this research data using t-test and paired sample t-test. The result of this research is the influence of the application of guided inquiry learning model to the learning outcomes in the integrated thematic learning class V SD Negeri 1 Mulyosari

 

 

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar pada pembelajaran tematik di SDN 1 Mulyosari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar tematik kelas V. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian pre experimental designs dengan bentuk penelitian one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri I Mulyosari. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VC SD Negeri 1 Mulyosari sejumlah 26 peserta didik yaitu kelas yang di gunakan sebagai kelas kontrol dan kelas eksperiment. Analisis data penelitian ini menggunakan t-test dan paired sampel t-test. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SD

 

Kata kunci: hasil belajar, inkuiri terbimbing, pembelajaran tematik.

References

Falahudin, irham dkk. 2016. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan di SMP Negeri 2 Tanjung Lago Kabupaten Banyu Asin. UIN Raden Fatah Palembang : Jurnal Bioilmi. Vol. 2,No. 2:92-101

Febriawan, Yoggy.2016. Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Jombang. Universitas Negeri Malang: Jurnal Pendidikan. EISSN: 2502-471X. Vol 1, No 9;1739-1743

Katika, Putri Hendrasti dkk. 2016. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai Tehnik Peta Konsep dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Universitas Jember: Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 4,No 4:321-326

Neka, I ketut dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Ketrampilan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V SD Gugus Depan VIII Kecamatan Abang. Universitas Pendidikan Ganesha: E-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar. Vol 5:1-11

Nur Azizah, Hani dkk, 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didikPada Materi Energi Bunyi. Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pena Ilmiah.Vol 1, No 1:51-60

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian. Kuantitatif Kualitati dan R&D.: Bandung, Alfabeta.

Wulaningsih, sri dkk.2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Ketrampilan Proses Sains di Tinjau Dari Kemampuan Akademik Peserta didikSMA Negeri 5 Surakarta. Universitas Negeri Surakarta: Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 4, No 2:33-43 .

Refbacks

  • There are currently no refbacks.