Strategi Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum 2013

Resty Ragelsy Arleand, Riswanti Rini, Maman Surahman

Abstract


This study aims to describe the principal's strategy in the implementation of the 2013 curriculum, with the focus of research (1) Teacher Performance in Curriculum Implementation 2013; (2) Principal Efforts to Improve Teacher Performance; and (3) Principal Obstacles to Improve Teacher Performance. The research method used is qualitative approach with case study design. Result of research: The performance of teachers, teachers are good and professional that includes making RPP; mastering learning materials; using media; student-centered teaching; and has a good personality and discipline. The principal's effort, the principal's effort on the teacher's performance aspect has been running well and maximally covering the improvement of teacher's performance in scientific forums; supervision of teacher performance; teacher discipline; provision of facilities and learning media; and teacher welfare. Obstacles of the principal, there are teachers who have not mastered IT.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum 2013, dengan fokus penelitian (1) Kinerja Pendidik Dalam Implementasi Kurikulum 2013; (2) Usaha Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Pendidik; dan (3) Kendala Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Pendidik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Hasil penelitian: Kinerja pendidik, pendidik sudah baik dan profesional yang mencakup membuat RPP; menguasai materi pembelajaran; menggunakan media; mengajar berpusat pada peserta didik; dan memiliki kepribadian yang baik dan disiplin. Usaha kepala sekolah, bentuk usaha kepala sekolah pada aspek kinerja pendidik sudah berjalan dengan baik dan maksimal yang mencakup peningkatan kinerja pendidik dalam forum ilmiah; pengawasan atau supervisi kinerja pendidik; kedisiplinan pendidik; penyediaan sarana dan media pembelajaran; dan kesejahteraan pendidik. Kendala kepala sekolah,  terdapat pendidik yang belum menguasai IT.

 

Kata kunci: kepala sekolah, kinerja guru, kurikulum 2013, strategi.


References


Akert, N. and Barbara N. M. 2012. Journal International of Education: The Role of Teacher Leaders in School Improvement through the Perceptions of Principals Teachers. Volume 4 No4. https://www.researchgate.net/publication/306313907_The_Role_of_Teacher_Leaders_in_School_Improvement_through_the_Perceptions_of_Principals_and_Teachers. Page 284-299. (Tanggal akses 22 Desember 2017).

Bredeson, P.V. and Olof J. 2000. Journal of In-Service Education: The School Principal’s Role in Teacher Professional Development. Volume 26 No 2. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/13674580000200114. Page 385-401. (Tanggal akses 22 Desember 2017).

Karweti, E. 2010. Pengaruh Kemampuan Manajemen Kepala Sekolah dan Faktor Yang mempengaruhi Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SLB Di Kabupaten Subang. Volume 10 No2. http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/1814/pengaruh--kemampuan-manajerial-kepala-sekolah-dan-faktor-yang-mempengaruhi-motivasi-kerja-terhadap-kinerja-guru-slb--di-kabupaten-subang.html. Hal 73-84. (Tanggal akses 20 Maret 2018).

Kurniasih, Imas. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Mark, P., Minty S., & Eager M. 2014. School Based Curriculum Development in Scotland: Curriculum Policy and Enactment. Volume 22. https://www.stir.ac.uk/research/hub/publication/8570. Page 189-211. (Tanggal akses 14 Januari 2018).

Mulyasa, E. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2013. Tentang Standar Kompetensi Lulusan. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Pidarta, Made. 2011. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanti, K., Murniati A. dan Yusrizal. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pada SMP Negeri 2 Simeulue Timur. Jurnal Ilmiah Didaktika. Volume 14 No 2. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/510. Hal: 390-400. (Tanggal akses 22 Maret 2018).

Sardiman, AM. 2005. Media Pendidikan Media Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suherman, Ayi. 2014. Implementasi Kurikulum Baru Tahun 2013. Volume 1 No 1. http://jurnal.upi.edu/mimbar-sekolah-dasar/view/2810. Hal 71-76. (Tanggal akses 15 Januari 2018).

Sulistyorini. 2001. Jurnal Ilmu Pendidikan: Hubungan Antara Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Guru. Volume 28 No 1. http://journal.um.ac.id/index.php/ilmu-pendidikan/article/view/1028. (Tanggal akses 22 Desember 2017).

Undang-undang RI No.14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. Jakarta.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.