Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar

Imelda Astika Yani, Muncarno Muncarno, A. Sudirman

Abstract

The purpose of this research was to determine the significant influence on the application of cooperative learning model type numbered head together to wards elemtary school social learning outcomes .This research was an experiment with non equivalent control group design. The instruments of the research used test. the data analysing technique used t-test pooled varians which was began by of normality test and homogenity test. The results of the research showed that the influence of cooperative learning model type numbered head together to wards elemtary school social learning outcomes with tcount2,73> ttable 2,02 (with α = 0,05).

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan signifikan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test pooled varians yang diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar siswa dengant hitung 4,08> ttabel 2,02.

 

Kata kunci: hasil belajar, IPS, NHT

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi (Revisi VD). Jakarta. Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Undang-udang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia.

Hamdayama, Jumata. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor. Ghalia Indonesia.

Kurniasih. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta. Kata Pena.

Risqi, Husnul. 2014. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SD Muhammadiyah 12 Pamulang pada Mata Pelajaran Matematika. Universitas Islam Negeri Jakarta

Rohmawati, Elvira. 2012. Pengaruh Model Pembelajatan Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Keceme 1 Kecamatan Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta.

Safitri, Beta, Nur. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN Lesampuro 3 kota Malang. Universitas Negeri Malang.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana.

Sapriya. 2006. Pendidikan IPS (Konsep dan Pembelajaran). Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Supriatna. 2007. Pendidikan IPS SD. Bandung. UPI PRESS.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.