Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Tematik
Abstract
The problem of this research is the low learning outcomes of class V students thematic integrated in SD Negeri 1 Ambarawa, Pringsewu. This study to determine the effect by apply cooperative learning model Number Head Together (NHT) to the results of students learning class V SD Negeri 1 Ambarawa. This research uses quasi experiment method, with research design nonequivalent control group design. The sampling technique in this research is total sampling because the population is lass than 100, the VA class as the experimental class amounted to 32 students and class B as a class control class amoaunted to 33 students. Data collecting technique use test instrument and activity observation. Data were tested using a simple linear regression test. The result of data analysis shows that there is influence of applying cooperative learning model Head Together (NHT) to the result of thematic learning.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V pada pembelajaran tematik di SD Negeri 1 Ambarawa Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Ambarawa. Metode yang digunakan adalah quasi experiment, dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling, dikarenakan jumlah populasi kurang dari 100, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 peserta didik dan kelas B sebagai kelas kontrol berjumlah 33 peserta didik. Teknik Pengunpulan data menggunakan instrumen tes dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Data diuji menggunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar tematik peserta didik.
Kata kunci : hasil belajar, number head together, tematik terpadu.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Budiningsih. C. Asri. 2012. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning (Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta: PT. Gransindo.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.