Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik

Sheifa Sabili, Nelly Astuti, Suwarjo Suwarjo

Abstract

The purpose of this study is to know and analyze the effect of the application of discovery learning on the students' thematic learning outcomes of class IV SDN 2 Kedamaian Bandar Lampung. The type of this research is experimental research with quantitative approach method. The research design used is non-equivalent control group design. The population in this study is all students of class IV with the number of 50 students. Determination of sample research using saturated sampling that is all the population sampled. Technique of collecting data is done by technique of test and questionnaire. The result of hypothesis testing using t-test pooled variance is tct = 2.12> t-table = 2.02 and for ttable (α = 0,05), it means that there is significant influence on the application of discovery learning to thematic learning result.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD N 2 Kedamaian Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV dengan jumlah 50 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampling jenuh yaitu semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh data thitung = 2,12 > ttabel = 2,02 dan untuk ttabel (α = 0,05), artinya ada pengaruh  yang signifikan pada penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik.


Kata kunci : discovery learning, hasil belajar, tematik.

References

Balim, Ali Gunay. 2012. The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skill. Turki. Eurasian Journal of Educational Research. Vol. 35. 1-20.

Darmadi, H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

_______. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah dan Suhana, Cucu. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Cetakan Ke-2. Bandung: Refika Aditama.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

In’am, Akhsanul. 2017. Learning Geometry through Discovery Learning Using a Scientific Approach. Malang. International Journal of Instruction. Vol. 10. No. 1. 55-70.

Karsidi, Rafik. 2007. Sosiologi Pendidikan. Surakarta: UNS Press.

Kyriazis, A. 2011. Discovery Learning and the Comutational Experiment in Higher Mathematics and Science Education: A Combined Approach. Piraeus. Journal iJET. Vol. 4. No. 4. 25-34. Diakses pada tanggal 29 Mei 2018 pukul 09.50 WIB.

Putri, Ihdi Shabrona. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Siswa. Medan. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 6, No.2. 2301-7651.

Rosarina, Gina. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 1, No. 1. 379-380.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suryosubroto. 2009. Proses Pembelajaran Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka cipta.

Sagala, Saipul. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Grafika Sinar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.