Pengaruh Penggunaan Metode Inkuiri terhadap Hasil Belajar PKn Siswa SD

Wayan Ardaningsih, Nelly Astuti, Sarengat Sarengat

Abstract

The Problem of this research was the low of civic education result by fifth grades students of SDN 1 Labuhan Ratu Pasar. The aim of this research was to know more about how siginificant the influence of inquiry methode in the result of studying civic education by fifth grades students of SDN 1 Labuhan Ratu Pasar. The type of this research is experiment research. The participants of this research was all students of fifth grades SDN 1 Labuhan ratu Pasar. The number of research participants in fitht grades A are 22 students and 24 students for fifth grades B. The design of the research that applied was non equivalent control group design. The data collection done by test and questionnaire. The result of the hypothesis appllied test formula which showed that there are siginificant effect toward the result of studying civic education by fifth grades students of SDN 1 Labuhan Ratu Pasar.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 1 Labuhan Ratu Pasar.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada metode inkuiri terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 1 Labuhan ratu Pasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Labuhan ratu Pasar. Sampel penelitian kelas V A berjumlah 22 siswa dan kelas V B 24 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-test menunjukkan bahwa ada pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar PKn siswa kelas  V SDN 1 Labuhan Ratu Pasar.

Kata kunci: metode inkuiri, hasil belajar

 

References

Anitah, Sri. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta. Universitas terbuka.

BSNP Depdiknas. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta. Depdiknas.

Darmadi, Hamid. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung. Alfabeta.

Kasmadi & Nia Sunariah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung. Alfabeta.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta. Rajagrafindo.

Nuraini, Evi.2012. pengeruh Penggunaan metode inkuiri terhadap hasil belajar ips siswa kelas iv sekolah dasar negeri cepit sewon bantul tahun ajaran 2011/2012. Universitas negeri yogyakarta

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta. Permendikbud.

Pratiwi,Elsa.2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Pkn.Universitas Negri Yogyakarta.

Purwanto.2014.Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2011.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

_______. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Suprijono, A. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pustaka Pelajar Offset.

Susanto, 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenada media Group.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta. Prenada Media Groub.

Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Pembelajaran Kontruktivisme. Bandung. Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.