Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar IPS
Abstract
The purpose of this research was to determine the significant influence on the application of cooperative learning model type time token to wards elemtary school social learning outcomes this research was an experiment with non equivalent control group design. the instruments of the research used test. the data analysing technique used t-test pooled varians which was began by of normality test and homogenity test. the results of the research showed that the influence of cooperative learning model type time token to wards elemtary school social learning outcomes with tcount 2,73> ttable 2,02 (with α = 0,05).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan signifikan model pembelajaran cooperative learning tipe time token terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test pooled varians yang diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa dengant hitung 2, 73 > ttabel 2,02.
Kata kunci: Cooperative Learning Tipe Time Token, hasil belajar, IPS
References
Asep Jihad dan Abdul Haris.(2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Mulyantini Soetjipto, Pustaka Pelajar. Yogyakarta. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untan. Di akses pada tanggal 29 Juni 2018 pukul 23.00.
Aqib, Zainal. 2016. Model-model dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Yrama Widya. Bandung.
Depdiknas. 2003. Undang-udang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas. Jakarta.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Isjoni. 2014. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Alfabeta. Bandung.
Permendiknas. 2003. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Depdiknas. Jakarta.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana.
Yusuf, A.Muri. 2014. Desain Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Setrategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.