Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Sondang Fitriyani, Riswandi Riswandi, Erni Mustakim

Abstract

The problem in this research is still the low of learning result on temtaik learning in class IV SD Negeri 1 Tanjung Raya Bandar Lampung. This study aims to determine the differences and effects of Experiential Learning model on the critical thinking skills of the siawa. This research is a pre experimental designs research with one group pretest posttest design. Population and sample of this research is all student of class IV SD Negeri 1 Tanjung Raya as many as 63 students. The main instruments used are tests and observation sheets. From hypothesis testing can be concluded there is significant influence of Experiential Learning model to critical thinking of fourth grade students of SD Negeri 1

 

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar pada pembelajaran temtaik di kelas IV SD Negri 1 Tanjung Raya Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh model Experiential Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siawa. Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental designs dengan bentuk penelitian one group pretest posttest design.  Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Tanjung Raya sebanyak 63 siswa. Instrumen utama yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Experiential Learning terhadap berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 1 Tanjung Raya Bandar lampung.

 

Kata kunci: model experiential learning, berpikir kritis siswa, pembelajaran terpadu

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.

Baharuddin, Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembela-jaran. Ar-ruzz Media. Yogyakar-ta. Bandung Nusamedia.

Permendikbud. 2014. Kurikulum 2013 Sekolah Dasar.Jakarta. Permendikbud RI.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi. 2012. Evaluasi Pendidi-kan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta Bumi Aksara.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Jakar-ta. Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.