Pengaruh Model Scramble terhadap Hasil Belajar IPS SD
Abstract
The problem of this study is the low learning outcomes of Social studies student a fifth grader of SD Negeri 4 North Metro. The purpose of this study was to determine the significant effect of the application of cooperative model of scramble type to the results of learning Social studies a fifth grader of SD Negeri 4 North Metro. This study used an experimental approach with no equivalent control group design. The research instrument used a test question. The Data analysis technique used statistical test of t-test sparated variance. The result of hypothesis test usingformula t-test separated variance obtained tcount 2,381, while ttable equal to 2,021. The comparison shows (2,381> 2,021) that means Ha was accepted. The result showed a positive and significant influence on the application of cooperative learning model scramble type on the results of learning Social Studies a fifth grader of SD Negeri 4 North Metro.
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian none equivalent control group design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test sparated varians. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test separated varians diperoleh data thitung sebesar 2,381, sedangkan ttabel sebesar 2,021. Perbandingan tersebut menunjukkan (2,381 > 2,021) berarti Ha diterima. Berarti Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara.
Kata kunci: hasil belajar, IPS, scramble.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Artini, Ayu Sri Vidya, Sujana dan Ngurah Wiyasa. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Kapten Kompiang Sujana”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha/Vol.2 No.1
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Handayani, Sri. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VII di SMP negeri 2 Satu Atap Kepenuhan Hulu TahunPembelajaran2014/2015.http://ejournal.upp.ac.id/index.php/fkipbiologi/article/view/362. Diakses pada tanggal 30 oktober 2017.
Hidayat muklis. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Intelektual Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SD Negeri Margoyasan Yogyakarta.Diakses pada URL: http://eprints.uny.ac.id/25519/ pada tanggal 07 November 2017, pukul 19.45 WIB
Huda, Miftahul. 2016, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Mikarsa, Hera Lestari, dkk. 2007. Pendidikan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif
dan R&D).Bandung: Penerbit CV. Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.