Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Tema Ekosistem Siswa SD

Shefa Muawana, Muncarno Muncarno, Yulina H.

Abstract


The purpose of this study is to determine the significant effect on the application of learning-based project learning model to the results of students learning class V SD Negeri 8 Metro Timur  This type of research is experimental research. The research design used is non-equivalent control group design. The study population amounted to 50 students. The sample was determined using purposive sampling with 25 students. Research instrument used in test question. The data analysis technique used independent test statistic test t-test. The results showed that there is a significant effect of the implementation of the model of project based learning on student learning outcomes with thitung  2,155 > ttabel  2,021 (with α = 0.05)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran project based learning  terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 50 peserta didik. Sampel penelitian ditentukan menggunakan sampling purposive dengan jumlah 25 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik independet sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan model project based learning terhadap hasil belajar siswa dengan thitung  2,155 > ttabel  2,021 (dengan α = 0,05).

Kata kunci: Hasil belajar, project based learning, ekosistem.

References


Fikriyah, Musyriatul. 2015. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) disertai Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Fisika di SMAN 4 JEMBER. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 4. No. 4. 181-186.

Hutasuhut, Saidun. 2010. Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Pembangunan pada Jurusan Manajemen Fe Unimed. Pekbis Jurnal. Vol. 2. No. 1. 196-207.

Kamayani, Diah. 2015. Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media tiga dimensi terhadap hasil belajar IPA di SD Gugus IX Kecamatan Buleleng. Universitas Pendidkan Ganesha. Singaraja.

Kamdi, Waras. 2010. Implementasi Project-Based Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajran. Vol. 17. No. 1. 96-110.

Kemendiknas. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual. Bandung. Refika Aditama.

Lestari, Desi Fitri. 2017. Pengaruh medel pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SDN Jarakan. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Novila Sari, Shella. 2017. Pengaruh model Project Based Learning pada pembelajaran kubus terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Unggul Pagar Air.Universitas Syiah Kuala. Aceh.

Nurpratiwi, Hany. 2017. Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Sejarah Wanita pada Mahasiswa. Sejarah dan Budaya. Vol. 11. No, 1. 1-8.

Rusman. 2015. Model-Model Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta. Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana Prenada media Group.

Taurina, Zane. 2015. Students’ Motivation and Learning Outcomes: Significant Factors in Internal Study Quality Assurance System. Red Cross Medical College of Rīga Stradiņš University, Latvia. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education (IJCDSE). Vol. 5. No. 4. 2625-2630.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progestif. Jakarta. Prenada Media Grup.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.