Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dengan Menggunakan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
The problem of this research was the low learning outcomes of mathematics student. The purpose of this research was to know the effect of contextual approach with realia media to learning outcomes of mathematics. The type of research was experiment with non-equivalent control group design. The population of this research were 63 students, the sample was determined using purposive sampling with. The result showed there was the influence on the application of contextual approach with realia media to learning outcomes of mathematics, this is indicated by the result of hypothesis testing using t-test pooled varians obtained data tcount 2,617 > ttable 2,000 (with α = 0,05).
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pada penerapan pendekatan kontekstual dengan menggunakan media realia terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan non-equivalent control group design. Populasi penelitian sebanyak 63 orang siswa, sampel penelitian menggunakan sampling purposive. Setelah melalui teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan teknik analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan pendekatan kontekstual dengan menggunakan media realia terhadap hasil belajar matematika, hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t-test pooled varians diperoleh data thitung 2,617 > ttabel 2,000 (dengan α = 0,05).
Kata kunci: pendekatan kontekstual, media realia, matematika.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar dasar Evaluasi Pendidikan.
Jakarta. Bumi Aksara.
Asgari, Maryam. 2013. Evaluating the Learning Outcomes of International Students as Educational Tourist. Malaysia. Journal of Business Studies Quarterly. Vol. 5. No. 2. 2152-1034. Diakses pada tanggal 201 Mei 2018 pukul 13.43 WIB.
Asyhar, Rayanda. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.
Dita, Theresia. 2013. Pengaruh Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Rasau Jaya Pontianak. Universitas Negeri Pontianak. Pontianak.
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif. Jakarta. Ghalia Indonesia.
Hidayat, Rahmad. 2012. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 1 Sumur Putri Bandar Lampung TP 2015/2016. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor. Ghalia Indonesia.
Ibukun, W. O., Akinfolarin, C. A., dan Alimi O. S. 2011. Correlate of Resource Utilization and Students’ Learning Outcome in Colleges of Education in South West Nigeria. Canadian Center of Science and Education. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1066541.pdf. No. 3 volume 4, halaman 1-7. Diakses tanggal 20 Mei 2018 pukul 17.35 WIB.
Ibrahim, R dan Nana Syaodih. 2009. Perencanaan Pengajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Kemendiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.
Kyriazis, A. 2011. Discovery Learning and the Comutational Experiment in Higher Mathematics and Science Education: A Combined Approach. Piraeus. Journal iJET. Vol. 4. No. 4. 25-34. Diakses pada tanggal 29 Mei 2018 pukul 09.50 WIB.
Mahendrawan, I Putu. 2014. Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar No. 1 Tukadsumaga. Universitas Pendidikan Ganesha. Diakses melalui URL https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/4038. Pada tanggal 8 Januari 2018 pukul 14.50WIB.
Mata, Maria de Lourdes ,Vera.Monteiro, and Francisco Peixoto. 2012. Attitudes towards Mathematics: Effects of Individual, Motivational, and Social Support Factors. ISPA, Instituto Universitário, UIPCDE. https://www.hindawi.com/journals/cdr/2012/876028/. Volume 2012, halaman 1-10. Diakses pada 19 Mei 2018 pukul 10.03 WIB.
Mulyasa, H. E. 2013. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. 2012. Perencanaan Desain dan Sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana.
Saqofi, M. Iskak. 2016. The Influence of Using Realia in Teaching Concrete Nouns [Skripsi]. Jakarta. UIN Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/33785/1/M.%20Iskak20Saqofi%20%281111014000129%29%20Watermark.pdf. Diakses pada tanggal 22 Mei 2018 pukul 19.52 WIB.
Stephen, Utibe-Abasi S. 2016. Effects of Realia and Models Instructional Materials on Academic Performance in Physics among Senior Secondary School Students in Akwa Ibom State. Nigeria. International Journal of Educational Benchmark (IJEB). Vol. 3. No. 1. Diakses pada tanggal 21 Mei 2018 pukul 10.05 WIB.
Sugiyono. 2016. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sumantri, Mohamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Sundayana, Rostiana. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung. Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana Prenda Media Group.
Taurina, Zane. 2015. Students’ Motivation and Learning Outcomes: Significant Factors in Internal Study Quality Assurance System. Red Cross Medical College of Rīga Stradiņš University, Latvia. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education (IJCDSE). http://infonomics-society.org/wpcontent/uploads/ijcdse/published-papers/. volume 5, halaman 1-6. Diakses pada 20 mei 2018 pukul 11.12.
Verawati, Fajrin. 2016. Hasil TIMSS Terbaru 2011 Plus Contoh
Soal. Diakses melalui URL: https://elearningmath27.wordpress.com/2016/02/24/hasiltimss-terbaru-2011-plus-contoh-soal/. Pada tanggal 15 November 2017 pukul 13.55 WIB.
Refbacks
- There are currently no refbacks.