Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap Hasil Belajar IPS SD

Winu Galih Puspito, Yulina H., A. Sudirman

Abstract


The problem in this research is the low of Social sciences learning result of grade V student of SD Negeri 2 Metro Selatan. The purpose of this research was to know the influence of cooperative learning modelĀ  type TAI to the result of V class student Social sciences. The type of the research was experiment research. The design used in this research was non-equivalent control group design. The popula-tion in this research amounted to 38 student of grade 5. The determination of research sample used saturated sample. Data collection tools used cognitive tests. The data analysis was used independent sample t-test. The learning results of this research was limited only to the cognitive domain. The result showed that there was a significant influence on the application of cooperative learning model TAI tipe to the students' Social sciences learning outcomes.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Metro Selatan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 38 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan sample jenuh. Alat pengumpul data menggunakan tes kognitif. Analisis data uji statistik independent sample t-test. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi hanya pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar IPS siswa.

Kata kunci: hasil belajar, IPS, TAI.

References


Andayani. Nopi Ni Wayan (2014) Pengaruh model pembelajaran kooperatif TAI dan Motivasi Berprestasi terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas IV SD Negeri 4 Manukaya. http:// www.ejurnal.undiksha.ac.id. Diakses pada hari Selasa tanggal 8 Mei 2018, pukul 20.55 WIB.

BSNP. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas. Jakarta.

Depdiknas. 2008. Kriteria dan Indikator Keberhasilan Pembelajaran. Dikti. Jakarta.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Ar-ruzz Media. Jakarta.

Huda, Miftahul. 2013 . Cooperatif Learning. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Kemendiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. PT Refika Aditama. Bandung.

Ningwiasih, Fajar Rahayu (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Dengan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VB SD Negeri 1 Raman Endra Lampung Timur. http://www.ejurnal.unila.ac.id. Diakses hari Selasa tanggal 8 Mei 2018 pukul 20.40 WIB.

Permendiknas No. 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi. Permendikbud. Jakarta.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung.

Sidik. Amelia. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif TAI terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas V SDI Ummul Bequro Bekasi. http://www.ejurnal.com/2015/09/pengaruh pembelajaran kooperatif team assisted individualization. html. Diakses pada hari Selasa tanggal 8 Mei 2018, pukul 20.30WIB.

Slavin, R. E. 2009.Cooperative Learning. (Penerjemah: Nurulita Yusron). Nusamedia. Bandung.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group. Jakarta

________. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group. Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Trianto. 2011. Desain Pengembang-an Pembelajaran Tematik. Prenada Media Groub. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.