PEMBELAJARAN APRESIASI PROSA FIKSI MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CIRC PADA KELAS V SD

Tika Miftahuljannah, Suwarjo Suwarjo, Siti Rachmah S

Abstract


Type of method used in this research is descriptive qualitative, with action research (classroom action research) through cycles of action. The results can be concluded that a class action can enhance classroom activity and learning outcomes VB SDN 08 Metro Barat. It can be seen from the activity in cycle 1 (65.77%), second cycle (77.5%) experienced an increase (11.73%), student learning outcomes in the first cycle (69.84), second cycle (94 , 37), an increase of 24.53, while the performance of teachers increased from cycle 1 (66.42%) and second cycle (77.14%) experienced an increase (10.72%).

Jenis Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, dengan penelitian tindakan kelas (classroom action research) melalui siklus-siklus tindakan. Hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kelas VB SDN 08 Metro Timur. Hal ini dapat di lihat dari aktivitas pada siklus 1 (65,77%), siklus II (77,5%) mengalami peningkatan (11,73%), hasil belajar siswa pada siklus I (69,84), siklus II (94,37), mengalami peningkatan sebesar 24,53, sedangkan kinerja guru meningkat dari siklus 1 (66,42%) dan siklus II (77,14%) mengalami peningkatan (10,72%).

Kata kunci: pembelajaran apresiasi, prosa fiksi, CIRC.

 


References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara , Jakarta

Asrori, Muhammad. 2009. Psikologi Pembelajaran. CV Wacana Prima, Bandung

Isjoni, 2007. Cooperative Learning, Alfabeta. Bandung

Kunandar.2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Kushartanti, 2007. Pesona Bahasa Langkah Awal Memahami Linguistik. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Mulyati, Yeti. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, Universitas Terbuka. Jakarta

Resmini, Novi, 2007. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Di Kelas Tinggi.

Sisdiknas. 2011. Undang-Undang Sisdiknas. Sinar Grafika. Malang

Slavin, Robert. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Nusa Media. Bandung

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2008. Cooperative Learning (Analisis Model Pembelajaran IPS). Bumi Aksara. Jakarta

Suyatno.2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia Buana Pustaka, Siduarjo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.