Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa
Abstract
The problem of this research was the low student'sachievement of thematic learning. This research was aimed to investigate the influence of Role Playing Learning Model on Students’ Thematic Learning Result. The research design used in this study was Nonequivalent Control Group Design. The population in this research was the students of SD Negeri in Pringsewu sub-district that have been using thematic learning until VI grade. The number of the population was 86 students. The sample of this research were 19 students of grade IV in SD Negeri 1 Pringsewu Timur and 20 students of IV grade in SD Negeri 3 Pringsewu Barat. The data were analyzed by using simple linear regression test and t-test. Regarding to the result of the research, it can be concluded that Role Playing learning model gives influence to students' thematic learning result on the grade VI students in Pringsewu sub-district and there is differences between the learning result by using Role Playing and by using speech method.
Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar tematik siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar tematik siswa. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonequivalent Control Groub Design. Populasi penelitian ini adalah SD Negeri Kecamatan Pringsewu yang sudah menggunakan pembelajaran tematik sampai kelas VI berjumlah 86 siswa dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Pringsewu Timur yang berjumlah 19 dan kelas VI SD Negeri 3 Pringsewu Barat berjumlah 20 siswa. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Role playing berpengaruh terhadap hasil belajar tematik siswa kelas VI SD Negeri Kecamatan Pringsewu dan adanya perbedaan antara hasil belajar menggunakan model pembelajaran Role Playing dengan menggunakan metode ceramah
Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran Role playing, tematik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Basri, Hasan. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Role Paying Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia SIswa Kelas V SDN 032 Kualu Kecamatan Tambang. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 1 (1):38-53. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau. (https://ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/download/4368/4185) Diakses pada 14 Januari 2018.
Dewi, Tria Rossyta. Rengeh, I Made. Suarjana I Made. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Terhadap hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Gugus III Kecamatan Seririt Tahun Ajaran. E-Jurnal PGSD UNiversitas Pendidikan Ganesha, 2016/2017, 5 (2): 1-10. Mimbar PGSD. (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/10874/6951) Diakses pada 28 Februari 2018.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 13.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Sholihah, Fitriyah Ummi. 2014. Penerapan Metode Bermain Peran Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi PKN Pada Sekolah Dasar. JPGS, 02 (03) 1:9. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya. (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/12189). Diakses pada 2 Januari 2018
Refbacks
- There are currently no refbacks.