Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV

Mohamad Alwan Fu'ady, Lilik Sabdaningtyas, Maman Surahman

Abstract

This study aims to determine how much the influence of motivation to the student learning outcomes on thematic learning. The problem in this research is the students were playing when the teacher delivered the material, the students did not do serious work, the student were lazy in answering the question or asking in the learning. This research is quantitative research. The population in this study were all students of grade IV of SD Negeri 33 Gedong Tataan, the sample in this study were 30 students with proportionate stratified random sampling technique. The main instrument used is a questionnaire, the analysis is using multiple linear regression formula, from hypothesis testing it can be concluded there is a significant influence between achievement motivation on learning outcomes.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa asik bermain ketika guru menyampaikan materi, siswa tidak melakukan pekerjaan serius, siswa malas menjawab pertanyaan atau bertanya dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 33 Gedong Tataan, sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa dengan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen utama yang digunakan adalah kuesioner, analisis dengan menggunakan rumus regresi linier berganda, dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap hasil belajar.

 

Kata kunci: hasil belajar, motivasi, pembelajaran tematik.

References

Bambang. 2012. Pengaruh Motivasi Terhadap Aktivitas Belajar IPS Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Redjosarie, Magetan dalam https://journal.unugiri.ac.id/index.php/edu/article/view/7291 di akses tanggal 10 january 2018

Endang. 2005. Pengaruh Penggunaan Media dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kota Malang Dalam https://journal.ums.ac.id/index.php/motivation/article/view/9678 vol 5. di akses tanggal 03 Maret 2018

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rokhim, Siswoyo. 2015. Pengaruh Motivasi dan Minat Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Pandak Bantul, Tahun Ajaran 2015/2016 dalam https://journal.umm.ac.id/tgr/index.php/mtr/article/view/1652 di akses tanggal 01 Mei 2018

Robbins. 2012. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sunarto. Ais. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Media Group.

Widodo. 2015. Pengaruh Sikap, Disiplin dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 2 Mulyasari Kecamatan Surakarta. Dalam https://journal.ums.ac.id/index.php/motivation/article/view/9678 vol 5. di akses tanggal 03 Maret 2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.