PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MEMBACA CERITA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R

Imaniar Zeety Annisa, Suwarjo Suwarjo, Siswantoro Siswantoro

Abstract


This research aims to increase the activities and skills of students class VA Elementary School 2 North Metro in reading the story through the application of methods survey, question, read, Recite, review. Methods used in this research is descriptive qualitative through classroom action research (PTK) with cycle of action. each cycle consists of four stages is planning, acting, observing, and reflecting.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan siswa kelas VA SD Negeri 2 Metro Utara dalam membaca cerita melalui penerapan metode survey, question, read, recite, review. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif melalui penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan siklus tindakan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.

Kata kunci: Aktivitas, Keterampilan Membaca, Metode SQ3R.


References


Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya. Bandung.

Arifin, Anwar, 2007. Profil Guru dan Dosen Indonesia. Pustaka Indonesia Kerja Sama Pokja Diknas. Jakarta.

Direktorat PLP, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Hernawan, Asep Herry. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Universitas Terbuka. Jakarta.

Ihsan, Fuad. 2008. Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi. PT Rajawali Pers. Jakarta.

Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Sudrajat, Akhmad. 2009. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan PengembanganPerangkat

Penilaian Afektif. Tersedia pada http://www.apfi-pppsi.com/cadence24/pdf/24-9.pdf, diakses tanggal 10 November 2012 pukul 18.30 WIB.

Suwarjo. 2008. Pembelajaran Kooperatif dalam Apresiasi Prosa Fiksi. Surya Pena Gemilang. Malang.

Syah, Muhibbin. 2008. sikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Rosdakarya. Bandung.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa. Bandung.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana. Surabaya.

Wardani, IGAK dan Wihardit, K. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.