Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Tematik Terhadap Hasil Belajar IPS

Alfonsa Dyah Lintang Maheratri, M. Thoha B.S. Jaya, Maman Surahman

Abstract


The problem in this research is the low of IPS learning result. The purpose of this research is to know the effect of Problem Based Learning model on IPS learning outcomes and the difference between IPS learning outcomes with those who do not use Problem Based Learning based thematic learning model. The method used in this research is experimental research using non equivalent control group design. The population of this study are all students, which amounts to 60 students, class IVA as experimental class and IVB as a control class with purposive sampling technique. Data analysis using Simple Regression and Test-t Two Free Samples. The result of the research shows that there is influence of the application of Problem Based Learning based on thematic model to the learning result of and there is difference between the learning result and those who do not use the thematic Problem Based Learning model.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPS dan perbedaan antara hasil belajar IPS dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis tematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 60 siswa, kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan Regresi Sederhana dan Uji-t Dua Sampel Bebas. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis tematik terhadap hasil belajar IPS dan ada perbedaan antara hasil belajar IPS dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis tematik.

Kata kunci: PengaruhProblem Based Learning, Hasil Belajar IPS, Tematik


References


Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2014. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenademedia Group.

Winaputra, Udin, S. 2009. Materi Pembelajaran Tematik SD. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.