Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar

Rini Oktaviani Suparman Putri, Rochmiyati Rocmiyati, Erni Mustakim

Abstract

The problem of this research was the students’ learning result was still low in SD Negeri 3 Sawah Lama Bandar Lampung. The purpose of this research was to find out the effect of mind mapping learning methods on students’ learning outcomes on thematic integrated learning. The type of research used is experimental research. The research design used quasi experiment design form nonequivalent control group design. This research used non probability sampling, with the research subjects all students’ at the fourth grade, there were 60 students’. Multiple choices test and observation sheet were use as the instruments for data collection technique. The data analysis used simple linear regression and t test. The based of data analysis can be concluded that mind mapping learning method has effected on the result of thematic integrated at the fourth grade of SD Negeri 3 Sawah Lama Bandar Lampung in 2017/2018.

 

 

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik di SD Negeri 3 Sawah Lama Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yaitu quasi experiment design dengan bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan non probability sampling, dengan subjek penelitian semua peserta didik kelas IV, sebanyak 60 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar dan lembar observasi peserta didik. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan uji t. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar tematik terpadu peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Sawah Lama Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: hasil belajar, mind mapping, tematik terpadu.

References

Fathurrohman, M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pem-belajaran yang Menyenang-kan. Yogjakarta. Ar-Ruzz Media.

Guspriyanto, Yudy. 2012. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran ”Mind Map-ping” Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana.

Permendikbud. 2016. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Menengah Pasal 1 Ayat 3. Jakarta. Depdiknas.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta. Rajawali Pers.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.