Pengaruh Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD
Abstract
The purpose of this study is to determine the effect of using of cooperative learning model Student Team Achievement Division (STAD) to the learning of mathematics. This research method is non-equivalent control group design with the type of research that is experimental research. Technique of collecting data is done by test technique and student response questionnaire. Data analysis techniques are quantitative data. The result of the research shows that the average value of posttest in the experimental class is higher than the control class, which means that there is an increase of students' mathematics learning outcomes. Based on hypothesis testing using independent sample t-test formula it can be concluded that there is a positive and significant influence on STAD type cooperative learning model toward mathematics learning result of grade V students of SD Negeri 5 Metro Pusat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika. Metode penelitian ini adalah The non equivalent control group design dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket respon siswa. Teknik analisis data berupa data kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, artinya terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 5 Metro Pusat.
Kata kunci: hasil belajar, matematika, Student Team Achievement Division
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hamdayana, Jumanta. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, Bogor. Ghalia Indonesia
Kemendikbud. 2006. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas
Muharom, Tria. 2014. Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Peserta Didik Di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Diakses di https://www.goo-gle.com/search?q= skripsi+pengar-uh+penerapan+model+ pembelaja-ran+kooperatif+tipe+STAD. (Diakses pada 25 Mei 2018, pukul 12.00).
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Nugroho, Okay Wasrik Dwi. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STSD Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata pelajaran IPS pada Siswa Kelas V SD N Karang Duren. Universitas Negeri Jogyakarta, Joyyakarta. (di akses pada 20 November 2016, pukul 17.32 WIB).
Rusman. 2014. Model-model Pembe-lajaran., Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Septyani, Dwi Anita Alfiani Sri. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pem-belajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar.(online) Dapat Diakses di https://www.goo-gle.com/search?q= skripsi+pengar-uh+penerapan+model+ pembelaja-ran+kooperatif+tipe+STAD+DI+SD. (di akses pada 15 November 2016, pukul 09.00 WIB).
Sisdiknas. 2014. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.Sinar Grafika.
Sugiyono. 2014. Metode dan Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitaif, kualitatif. Bandung. Alfabeta.
Sunilawati, Ni Made. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD. .(online) Dapat Diakses di https://www.google.com/search?q=skripsi+pengaruh+penerapan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+STAD+DI+SD. (di akses pada25 Mei 2018, pukul 12.05 WIB).
Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning Teori & Aplikasi AIKEM. Pustaka pelajar, Yogyakarta.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadia Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.