Pengaruh Model Discovery Learning dengan Menggunakan Media Realia terhadap Hasil Belajar IPA

Dewi Narulita, Rapani Rapani, Supriyadi Supriyadi

Abstract

The problem in this research was less maximal application of model and learning media and  low learning outcomes of sains student in grade V SD Negeri 4 West Metro. Type of research was experiment with non-equivalent control group design. The population in this research to 48 students. The sample was determined using purposive sampling with 24 students. After through the technique of collecting data in the form of test and non test technique and also technique of data analysis, the result showed there was a positive and significant influence on the application of discovery model using realia media to learning outcomes of sains, this is indicated by the result of hypothesis testing using t-test pooled varians obtained data tcount 2,340 > ttable 2,021 (with α = 0,05).

 

Masalah dalam penelitian ini adalah kurang maksimalnya penerapan model dan media pembelajaran serta rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Barat. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan non-equivalent control group design. Populasi penelitian  sebanyak 48 orang siswa sedangkan sampel penelitian menggunakan sampling purposive dengan jumlah 24 orang siswa. Setelah melalui teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan non tes serta teknik analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model discovery learning dengan menggunakan media realia terhadap hasil belajar IPA, hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t-test pooled varians diperoleh data thitung  2,340 > ttabel 2,021 (dengan α = 0,05).

 

Kata kunci: discovery learning, media realia, IPA.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Arifin, Zainal. 2013. Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Berbasis Media Realita terhadap Hasil Belajar IPA. Surakarta. Jurnal FKIP UNS. Vol. 1 No. 2. 1-6.

Arlianti, Nofyta. 2016. Pengaruh Media Realia terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Xb2 Smk Negeri 3 Sungai Penuh. Kerinci. Journal Curricula. Vol. 2. No. 1. 60-66. http://ejournal.kopertis10.or.id/index.php/curricula/article/view/1701. Diakses pada tanggal 20 Mei 2018 pukul 19.35 WIB.

Asgari, Maryam. 2013. Evaluating the Learning Outcomes of International Students as Educational Tourist. Malaysia. Journal of Business Studies Quarterly. Vol. 5. No. 2. 2152-1034. Diakses pada tanggal 20 Mei 2018 pukul 19.43 WIB.

Balim, Ali Gunay. 2012. The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skill. Turki. Eurasian Journal of Educational Research. Vol. 35. 1-20.

Darmadi, H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta. Deepublish.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.

Hanafiah dan Suhana, Cucu. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Cetakan Ke-2. Bandung. Refika Aditama.

Ibrahim dan Nana, Syaodih S. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

In’am, Akhsanul. 2017. Learning Geometry through Discovery Learning Using a Scientific Approach. Malang. International Journal of Instruction. Vol. 10. No. 1. 55-70.

Kemendiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.

Kyriazis, A. 2011. Discovery Learning and the Comutational Experiment in Higher Mathematics and Science Education: A Combined Approach. Piraeus. Journal iJET. Vol. 4. No. 4. 25-34. Diakses pada tanggal 29 Mei 2018 pukul 09.50 WIB.

Prabowo, S. A. 2015. The Effectiveness of Scientific Based Learning Towards Science Process Skill Mastery Of Pgsd Student. Madiun. Indonesian Journal of Science Education. Vol. 4. No. 1. 15-19.

Putri, Ihdi Shabrona. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Siswa. Medan. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 6, No.2. 2301-7651.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Saqofi, M. Iskak. 2016. The Influence of Using Realia in Teaching Concrete Nouns [Skripsi]. Jakarta. UIN Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/33785/1/M.%20Iskak20Saqofi%20%281111014000129%29%20Watermark.pdf. Diakses pada tanggal 20 Mei 2018 pukul 19.33 WIB.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. CV Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenada media Group.

Stephen, Utibe-Abasi S. 2016. Effects of Realia and Models Instructional Materials on Academic Performance in Physics among Senior Secondary School Students in Akwa Ibom State. Nigeria. International Journal of Educational Benchmark (IJEB). Vol. 3. No. 1. Diakses pada tanggal 29 Mei 2018 pukul 09.55 WIB.

Wurinanda, Iradhatie. 2017. Skor PISA Indonesia Masih di bawah Rata-rata. https://news.okezone.com/read/2016/12/06/65/1560286/skor-pisa-indonesia-masih-di-bawah-rata-rata. Diakses pada tanggal 15 November 2017 pada pukul 21:20 WIB.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.