Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar

Ines Agustira, Darsono Darsono, Loliyana Loliyana

Abstract


The problem in this research is still low student learning outcomes in SD Negeri 1 Kotakarang. The purpose of research to determine the effect of cooperative learning model type examples non examples on the results of thematic learning integrated class IVSDN 1 Kotakarang. The method used in this research is experimental research using design nonequivalent control group design. The population in this study is the fourth grade students of SDN 1 Kotakarang and the samples taken are the entire class IV amounted to 56 students. The result of the research shows that there is a significant influence in the use of cooperative model type examples non examples toward the result of integrated thematic learning of class IV SDN 1 Kotakarang academic year 2017/2018.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa di SD Negeri 1 Kotakarang.Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples terhadap hasil belajar tematik terpadu kelas IV SDN 1 Kotakarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan design nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Kotakarang dan sampel yang diambil yaitu seluruh kelas IV berjumlah 56 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model kooperatif tipe examples non examples terhadap hasil belajar tematik terpadu kelas IV SDN 1 Kotakarang tahun ajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: hasilbelajar, examples non examples, pembelajaran tematik.


References


Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Haryono, D. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Mangunsari 04 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2011/2012 (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).https://journal.UKSW.ac.id/artikel_19708/17.pdf.Diakses pada 20 Januari 2018.Pukul 20.00 Wib.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran . Yogyakarta. Pustaka belajar.

Purwanto, Ngalim. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada

Sinambela, Pardomuan 2006. Keefektifan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based instruction) dalam Pembelajaran Matematika untuk Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat di Kelas X SMA Negeri 2 Rantau Selatan, Sumatera Utara Tesis: Magister Pendidikan. Jurnal.unesa.ac.id/2012/index.php/gk/article/viewFile/7085/6067. Diakses pada tanggal 20 Januari 2018. Pukul 21.00 Wib.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara.2014.Teori Belajardan Pembelajaran. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Suadnyana,Nengah. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbasis Lingkungan Berpengaruh Terhadp Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Kapten Japa.Vol 2 No 1.Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/index?searchInitial=J&sort=title. Diaklses pada 5 Februari 2018.Pukul 16.00 Wib.

Wardika, I. K., Made Sulastri, M. P., & Dibia, I. K. 2014. Pengaruh Model Examples Non Eexamples Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa KLS V SD Di Gugus III Kecamatan Tampaksiring. MIMBAR PGSD, 2(1).https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2466. Diakses pada 25 januari 2018.Pukul 21.35 Wib.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.