Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Kelas Rendah di SD Negeri 1 Rawalaut Bandar Lampung

Annisa Pangandosan, Riswanti Rini, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

The problem in research is how teachers apply the scientific approach in low grade learning at SD Negeri 1 Rawalaut Bandar Lampung. This study aims to describe the scientific approach in low grade, with the focus of research Learning Planning; Implementation of Learning; and Evaluation of Learning. The research method used is qualitative approach with case study design. Techniques of collecting data through interviews, observation, and documentation. Sources of research data are principals and low grade teachers. Data analysis techniques are data collection; Data reduction; Presentation of data; The process of drawing conclusions. Result of research: Planning of learning, teachers have planned learning activity using scientific approach by describing scientific activity in core activity at RPP. Implementation of learning, teachers have implemented learning using the Scientific Approach in the core activities that include observing activities; ask; try; reasoning; and communicate. Assessment of learning, teachers have used authentic judgment to assess attitudinal competence, knowledge, and skills.

 

 

Masalah dalam penelitian merupakan bagaimana guru menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran kelas rendah di SD Negeri 1 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan saintifik di kelas rendah, dengan fokus penelitian Perencanaan Pembelajaran; Pelaksanaan Pembelajaran; dan Penilaian Pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelas rendah. Teknik analisa data yaitu Pengumpulan data; Reduksi data; Penyajian data; Proses penarik kesimpulan. Hasil penelitian: Perencanaan pembelajaran, guru sudah merencanakan kegiatan pembelajaran menggunakan Pendekatan Saintifik dengan menjabarkan kegiatan saintifik di kegiatan inti pada RPP. Pelaksanaan pembelajaran, guru sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan Pendekatan Saintifik di kegiatan inti yang meliputi kegiatan mengamati; menanya; mencoba; menalar; dan mengkomunikasikan. Penilaian pembelajaran, guru sudah menggunakan penilaian autentik untuk menilai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Kata kunci: pembelajaran, kelas rendah, pendekatan saintifik.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bermawi, Yoserizal. Fauziah, Tati. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Aceh Besar. Vol.2(4). Universitas Syiah Kuala. www.jurnal.unsyiah.ac.id>article>view. [diakses pada tanggal 15 Desember 2017]

Benyamin, Justus. 2016. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Integratif pada Kelas V SD Negeri Nirmala Bantul. Vol.6. Universitas Negeri Yogyakarta. journal.student.uny.ac.id>ojs>download. [diakses pada tanggal 15 Desember 2017]

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Budhi, Ika. 2015. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 pada Siswa Kelas II SDN Prembulan, Pandowan, Galur, Kulon Progo. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17977. [diakses pada tanggal 10 November 2017]

Chaterine, L.A. 2007. A Study Curriculum effectivenes in social studies. Journal of Education and Rehabilitation Psychologi. Volume 51. London: SAGE Publication. citeseerx.ist.psu.edu>viewdoc>download. [diakses pada tanggal 15 Desember 2017]

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kemdikbud. 2014. Permendikbud No. 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemdikbud

Kumar, shatif. 2008. Introduction to philosophical, psychological and sociological bases of education journal. School of Open Learning University of Delhi. India. www.ncert.nic.in.>jie>JIEFEB2014. [diakses pada tanggal 31 Januari 2018]

Latif, Mukhtar. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Loretta, J.L. 2011. Using technology to enggage preservice elementary teachers in learning about scientific inquiry. Center of Educational Policy Studies Journal. Volume 1. London: SAGE Publication. https://www.pedocs.de>volltexte>pdf. [diakses pada 15 Desember 2017]

Maba, Wayan. 2017. Teachers Perception on the Implemention of the Assessment Process in 2013 Curriculum. Internasional Journal of Social Sciences and Humanities. Denpasar. http://sciencescholar.us/journal/index.php/ijssh Vol. 1 No. 2. [diakses pada tanggal 31 Januari 2018]

Oktafianti, Elly. 2015. Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik di Kelas I B SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta.Vol.9. Universitas Negeri Yogyakarta. journal.student.uny.ac.id>ojs>download. [diakses pada tanggal 31 Januari 2018]

Puspita, Hendra Jati. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Kelas V B SD Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta. Vol.9. Universitas Negeri Yogyakarta. journal.student.uny.ac.id>ojs>download. [diakses pada tanggal 31 Januari 2018]

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alvabeta

Sani, Abdullah Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sinambela, Pardomuan Nauli Josip Mario. 2013. Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Medan.

Suarjana, Made. 2015. Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap dalam Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Tema 9 (Makananku Sehat dan Bergizi). Vol.3(1). Universitas Pendidikan Ganesha. https://ejournal.undiksha.ac.id>view. [diakses pada tanggal 1 Februari 2018]

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujiono. 2010. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Suteja, I Made Agus Adi. 2015. Analisis Sikap Siswa dalam Proses Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013 Tema Sejarah Peradaban Indonesia Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 28 Dangin Puri. Vol.3(1). Universitas Pendidikan Ganesha. https://ejournal.undiksha.ac.id>view. [diakses pada tanggal 1 Februari 2018]

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.