Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw dengan media gambar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa

Suci Kemalasari, Rapani Rapani, Yulina H.

Abstract


The problem in this study is the low learning outcomes of IPS students of grade V SD Negeri 3 Metro Center. The purpose of this research is to analyze and to know the effect of using Jigsaw type of learning model to IPS student learning outcomes class V. Type This research is experimental research. The population of this study is all students of class V which amounted to 50. Class VA as experimental group and class VB as a control group. Technique of data collection is done by test technique and observation sheet. The result showed that titung = 2.76> ttabel = 1.677 indicating that significance level and Ha are accepted, meaning that there is significant influence in applying jigsaw type learning model using image media.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 3 Metro Pusat. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe Jigsaw dengan menggunakan media gambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 50. Kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB sebagai kelompok  kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa thitung = 2,76 > ttabel = 1,677 yang menandakan bahwa tingkat kebermaknaannya signifikan dan Ha dinyatakan diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran tipe jigsaw dengan menggunakan media gambar.


Kata kunci: jigsaw, hasil belajar, IPS.


References


Basset. 2008. Memahami Perkembangan dan Karakteristik Anak Usia Sekolah Dasar. Jakarta. Depdiknas.

Fathurrohman. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta. Ar-ruzz Media.

Hamalik. 2014. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung. Bumi Aksara.

Joyce. 2009. Model-model Pembelajaran. Yogyakarta. Sinar Pustaka.

Kasmadi. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung. Alfabeta.

Nandang. 2006. Memahami Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jakarta Depdiknas.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya. 2014. Penelitian Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana.

Susilo. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.