Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika

Tri Wahyunisari, Supriyadi Supriyadi, Maman Surahman

Abstract

The problem in this study is the low learning outcomes of learners on mathematics subjects. This study aims to determine the effect of using Contextual Teaching and Learning (CTL) approach to learning outcomes of students' mathematics. This research method is quasi experimental, with Nonequivalent Control Group Design. Sampling technique in this research using purposive sampling technique. The instrument used by the researcher is the instrument of observation and test sheet. Data analysis using simple linear regression formula, and t test. The result of research shows that there is influence of CTL approach to learning result 31,36% while the rest of 68,64% influenced by other factor or variable which not examined. The influence is also indicated by the average value of learning outcomes of learners with a CTL approach of 73.29 higher than the average value of learning outcomes of learners with a conventional approach that is 62.59. Keywords: Contextual Teaching and Learning, result of learning process, mathematics,

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental), dengan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan peneliti adalah instrumen lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan pendekatan CTL terhadap hasil belajar sebesar 31,36% sedangkan sisanya 68,64% dipengaruhi faktor atau variabel lain yang tidak diteliti. Adanya pengaruh  juga ditunjukkan dengan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik dengan pendekatan CTL sebesar 73,29 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik dengan pendekatan konvensional yaitu 62,59.

 

Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, hasil belajar, matematika.

References

Dewey, John. 1916 Democracy and Education: An Introduction to the Philosophy of Education. Macmillan. United States.

Jannah, Ismiatul, dkk. (2014). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MIN Singaraja. Jurnal Pedagogik. Vol. 2 No. 1.

Kasuma, Adi Putu, dkk, (2017). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pedagogik. Vol. 5 No 2.

Kemdikbud.go.id. 2016. Hasil Survei PISA: Peningkatan Capaian Indonesia Termasuk Empat Besar. Republica.co.id. 2016. UN Dan Mutu Pendidikan.

Sisdiknas. 2003. UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Standar Isi. 2006. Standar Isi: untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP

Sulianto, Joko. 2008. Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik.. Vol 4 No. 2.

Rosalin, Elin. 2008. Gagasan Merancang Pembelajaran Kontekstual.. Bandung: PT Karsa Mandiri Persada

Yulinda, Nita, dkk. (2016). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Pada Materi Volume Kubus Dan Balok. Jurnal Pedagogik. Vol 1 No. 1.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.