Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar
Abstract
The problem in the research is the low of process and the result of study of student of class IV SDN 2 Beringin Raya Bandar Lampung. This study aims to determine the differences and influence in the application of cooperative model of Student Talking stick type to the results of integrated mathematics of grade IV SDN 2 Beringin Raya Bandar Lampung. The method of this research is experimental research using the design of quasi-experiment method of non-equivalent control group design. The results of this study obtained the conclusion that there is differences result student mathematics application of cooperative learning model in talking stick student application learning conventional student class IV SDN 2 Beringin Raya and influence in the application of cooperative model type Talking Stick on the results of mathematics of class IV SDN 2 Beringin Raya Bandar Lampung academic year 2017/2018.
Masalah dalam penelitian merupakan rendahnya proses dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 2 Beringin Raya Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan dan pengaruh penerapan model kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN 2 Beringin Raya Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan rancangan quasi-experimen metode non-equivalent control group design. Hasil penelitian ini diperoleh simpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan peserta didik yang menerapkan pembelajaran konvensional peserta didik kelas IV SDN 2 Beringin Raya dan pengaruh penerapan model kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN 2 Beringin Raya Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018
Kata kunci : model pembelajaran kooperatif, talking stick, hasil belajar matematika
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Huda, Miftahul. 2014. Model Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Lestari, Mufidatun Ambar. 2016. Perbedaan Efektivitas Metode Talking Stick dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V. Journal Basic, Vol.5 No.33 Yogyakarta: Universitas Yogyakarta
Puspitawangi, Kadek Rai. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Gugus VIII Tahun Pelajaran 20152016. E-Journal, Vol.5 No.2 Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Bali
Rusman. 2014. Model Model Pembelajaran.Jakarta: Raja Grafindo Persada
Refbacks
- There are currently no refbacks.