Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas IV SDN 3 Adipuro

Mila Khanifa, Riyanto M. Taruna, M. Coesamin

Abstract


The result  thematic learning of State Elementary School 3 Adipuro Trimurjo, Central Lampung which is still low. This study aims to find out whether there is influence of inquiry learning model on thematic learning result. This research method is pre-experimental design experiment with pretest-posttest design type. The population of this research is the fourth-grade students of State Elementary School 3 Adipuro Trimurjo, Central Lampung with the total of 40 students, with the sample in is class IVA with the total of student of 20 students. Research data collected through the test. The result of t test analysis obtained t count equal to 3,696 and t table 2,042, it shows that tcount > ttable, it can be concluded that there is an influence of the use of inquiry learning model on thematic learning result of grade four of State Elementary School 3 Adipuro Trimurjo, Central Lampung.

 

Hasil belajar tematik siswa SDN 3 Adipuro Trimurjo Lampung Tengah masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar tematik. Metode penelitian ini adalah eksperimen bentuk pre-eksperiental design dengan jenis pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Adipuro Trimurjo Lampung Tengah sebanyak 40 siswa, dengan sampel adalah kelas IVA sebanyak 20 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui tes. Hasil analisis uji t memperoleh t hitung sebesar 3,969 dan t tabel 2,024, hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel maka disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar tematik kelas IV SD Negeri 3 Adipuro Trimurjo Lampung Tengah.

Kata kunci : pengaruh model pembelajaran inkuiri, hasil belajar tematik


References


Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Prenadamedia Group: Jakarta

Hamalik, Oemar. 2005. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Tarsido: Bandung.

Komalasari, Kokom. 2015. Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi,Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.