Hubungan Pemanfaatan Sumber Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa

Wulan Ari Savitri, A. Sudirman, Rapani Rapani

Abstract


The purpose of this research to determine the significant and positive relationship between learning resources’ utilization with learning outcomes, learning motivation with learning outcomes, and learning resources’ utilization and learning motivation with mathematics learning outcomes.The type of research is ex-postfacto correlation. Population was 154 and sample was 65 students. Data collection techniques are observation, questionnaire and documentation study. Data analysis used is product moment correlation and multiple correlation. Based on the analysis of research data can be concluded that there is a significant and positive relationship between the use of learning resources with the results of learning mathematics, there is a significant and positive relationship between learning motivation with mathematics learning outcomes, and there is a significant relationship between the use of learning resources and learning motivation together with mathematics learning outcomes.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan dan positif antara pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar, motivasi belajar dengan hasil belajar, serta pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 154 siswa dan sampel penelitian sebanyak 65 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar matematika, terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika, dan terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika.

Kata kunci: sumber belajar, motivasi belajar, hasil.


References


Any, Juniya IP. 2011. Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran di SMP Negeri 2 Lebaksiu Kabupaten Tegal. Skripsi. http://lib.unnes.ac.id/. Diakses pada 21 November 2017 pukul 11.11 WIB.

Alhadi, Said dan Wahyu Nanda Eka Saputra. 2017. The Relationship between Learning Motivation and Learning Outcome of Junior High School Students in Yogyakarta. Yogyakarta International Conference on Educational Management/ Administration and Pedagogy (YICEMAP 2017). http://download.atlantis-press.com. Volume 66, halaman 1-8. Diakses tanggal 9 Desember 2017 pukul 21.53 WIB.

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Good, Thomas L. dan Jere E Brophy. 1990. Educational Psychology: A Realistic Approach. New York. Longman.

Ibukun, W. O., Akinfolarin, C. A., dan Alimi O. S. 2011. Correlate of Resource Utilization and Students’ Learning Outcome in Colleges of Education in South West Nigeria. Canadian Center of Science and Education. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1066541.pdf. No. 3 volume 4, halaman 1-7. Diakses tanggal 9 Desember 2017 pukul 21.35 WIB.

Kartikawati, Hepi (2014) Studi Eksplorasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS. Skripsi. http://eprints.uny.ac.id/23874/. Diakses pada 14 Mei 2018 pukul 11.55 WIB.

Kasanah, Mutiah Dwi. 2018. Hubungan antara Pemanfaatan Sumber Belajar dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganyar. Jurnal FKIP UNS. jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/download/11703/8420. Diakses pada 9 Mei 2018 pukul 12.45 WIB.

Mata, Maria de Lourdes ,Vera Monteiro, and Francisco Peixoto. 2012. Attitudes towards Mathematics: Effects of Individual, Motivational, and Social Support Factors. ISPA, Instituto Universitário, UIPCDE. https://www.hindawi.com/journals/cdr/2012/876028/. Volume 2012, halaman 1-10. Diakses pada 19 Mei 2018 pukul 10.03 WIB.

Muhtar, Radinal. 2015. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Musik Siswa Kelas X SMA Piri 1 Yogyakarta. Skripsi. http://eprints.uny.ac.id/18297/. Diakses pada 9 Mei 2018 pukul 09.18 WIB.

Sardiman, A. M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Sholekhah, Ika Maratus. 2014. Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Melalui Motivasi Belajar SMP Negeri 1 Ambarawa. Ecomomic Education Analysis Journal. Volume 3 No. 2 http://journal.unnes.ac.id. Diakses pada 19 mei 2018 pukul 16.16 WIB.

Sisdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Indonesia. Jakarta. Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Taurina, Zane. 2015. Students’ Motivation and Learning Outcomes: Significant Factors in Internal Study Quality Assurance System. Red Cross Medical College of Rīga Stradiņš University, Latvia. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education (IJCDSE). http://infonomics-society.org/wpcontent/uploads/ijcdse/published-papers/. volume 5, halaman 1-6. Diakses pada 17 mei 2018 pukul 11.12.

Ugwuanyi, Jonathan Ifeanyichukwu. 2013. Availability, Adequacy And Utilization Of Physical Education Teaching Resources In Secondary Schools In Enugu State. Department Of Health And Physical Education University Of Nigeria, Nsukka. http://www.unn.edu.ng/publications. Diakses pada 17 mei 2018 pukul 11.12.

Yaumi, Muhammad. 2016. Terminologi Teknologi Pembelajaran: Suatu Tinjauan historis. e-Jurnal UIN Alauddin Makassar. Volume 5 No. 1, halaman 191-208. http://journal.uin-alauddin.ac.id/. Diakses pada 17 mei 2018 pukul 11.34 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.