Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu
Abstract
The problem of this research was the students’ result of thematic learning was still low. This study aims to find out the effect of cooperative learning type Jigsaw implementation to the students’ result of integrated thematic learning. The method of this research was experimental research which used nonequivalent control group design. Data retrieval technique was taken by test and observation. Technique of data analysis using normality test and hypothesis test linear simple regretion and t test. The result shows there is a significant effect of the cooperative learning type Jigsaw implementation to the students’ result of integrated thematic learning at the fourth grade students of SDN 3 Tambah Rejo academic year 2017/2018.
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik di SD Negeri 3 Tambah Rejo. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan dan perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar tematik terpadu peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan design nonequivalent control group design.. Teknik pengambilan data dilakukan dengan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh dan perbedaan yang signifikan dalam penerapan model kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar tematik terpadu peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Tambah Rejo tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, hasil belajar, tematik terpadu
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Shoimin, Aris. 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan metode dalam model pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).
Refbacks
- There are currently no refbacks.