Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing terhadap Hasil Belajar PKn SD
Abstract
The problem in this research is the low of civic education learning result of grade V student of SD Negeri 2 Metro Selatan. The purpose of this research was to know the influence of cooperative learning model type bamboo dancing to the result of V class student civic education. The type of the research was experiment research. The design used in this research was quasi experimental design. The population in this research amounted to 38 student of grade 5. The determination of research sample used saturated sample. Data collection tools used cognitive tests. The data analysis was used independent sample t-test. The learning results of this research was limited only to the cognitive domain. The result showed that there was a significant influence on the application of cooperative learning model bamboo dancing tipe to the students' civic education learning outcomes.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Metro Selatan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 38 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan sample jenuh. Alat pengumpul data menggunakan tes kognitif. Analisis data uji statistik independent sample t-test. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi hanya pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model kooperatif tipe bamboo dancing terhadap hasil belajar PKn siswa.
Kata kunci: hasil belajar , PKn, bamboo dancing.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR RUJUKAN
Budiman. Ardi. (2013). Penga-ruh Pembelajaran Kooperatif Teknik Tari Bambu Terha-dap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Organisasi Keh-idupan. http://www.ejurnal.com/2015/09/pengaruh pembela-jaran kooperatif teknik. html. Diakses pada hari Jumat tanggal 29 April 2018, pukul 19.30WIB.
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta. Ar-ruzz Media.
Hamidah. Rizki (2017). Pengaruh model cooperative learning tipe tari bambu terhadap hasil bela-jar siswa pada tema ekosistem kelas V SD Negeri 8 Metro Timur. http://www.ejurnal.unila.ac.id. Diakses pada hari Jumat tanggal 29 April 2018, pukul 19.40 WIB.
Isjoni. 2013. Pembelajaran Koope-ratif. Ygyakarta. Pustaka Pelajar.
Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif. Medan. Media Persada.
Kemendiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.
Nurhidayati, (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Tari Bambu terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sapura Tahun Pelajaran 2013/-2014. Jawa Tengah. http://lib.unnes.ac.id/ view/subjects/LB1501. Diakses hari Senin tang-gal 29 April 2018 pukul 19.30 WIB.
Rian. Ahmad (2013) Pengaruh Hasil Belajar Matematika Dengan Model Bamboo Dancing dan Think Pair Share Aimed In-teractive Multimedia Pada Sekolah Menengah Islam.http://eprints.upgrismg.ac.id/251. Diakses pada hari Jumat tanggal 29 April 2018, pukul 19.15 WIB.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.