Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD
Abstract
The problem in this research is the low of social studies learning result of grade V student of SD Negeri 02 Panggung Rejo. The purpose of this research was to know the influence of cooperative learning model type talking stick to the result of V class student social studies. The type of the research was experiment research. The design used in this research was quasi experimental design. The population in this research amounted to 41 student of grade 5. The determination of research sample used purposive sample. Data collection tools used questionnaires and cognitive tests. The data analysis was used t-test pooled varians. The learning results of this research was limited only to the cognitive domain. The result showed that there was a significant influence on the application of cooperative learning model talking stick tipe to the students' social studies learning outcomes.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 02 Panggung Rejo. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 41 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sample. Alat pengumpul data menggunakan tes kognitif. Analisis data uji statistik menggunakan rumus t-test pooled varians. Hasil penelitian menggunakan rumus rumus t-test pooled varians data thitung sebesar 4,276 sedangkan ttabel sebesar 2,022, perbandingan tersebut menunjukkan thitung > ttabel (4,276 > 2,022) berarti Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS siswa.
Kata kunci: hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), talking stickFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afrian, Ahmad. 2016. Pengaruh tipe talking stick terhadap Hasil belajar IPS siswa Min Kotabumi.Metro.http://digilib.unila.ac.id/26649/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf. Diakses pada 21 April 2018. Pukul 14.20 WIB.
Amoy, Nuari. 2014. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Kendal.http://lib.unnes.ac.id/20909/1/3101411118-S.pdf. Diakses pada 18 April 2018. Pukul 15.03 WIB.
Dwi. Prandayani. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV SD. Singaraja.https://ejournal.UPG.ac.id/JJPGSD /viewFile/14014. Diakses pada 18 April 2018. Pukul 15.23 WIB.
Efendi. Zakaria. 2013. Effect of Cooperative Learning on Secondary School Students’ Mathematics Achievement. Pontianak.http://www.scirp.org/journal/ce. Diakses pada 20 April 2018. Pukul 16.33 WIB.
Hakiki. Sihotang. 2017. Effect Of Time Token And Talking Stick Learning Model On Improve Interest And Learning Outcomes On Sosial Sciences Student Fifth Grader At SDN Dolok Masihul Serdang Bedagai.Medan.https://ejournal.iiste.org/fulltext/EJ842388.pdf .Diakses pada 20 April 2018. Pukul 16.33 WIB.
Inda. Kristarini. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SD. Buleleng.https://ejournal.UPG.ac.id/JJPGSD/viewFile/11014. Diakses pada 18 April 2018. Pukul 15.11 WIB.
Janayanti. Firma. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. Singaraja. https://ejournal.UPG.ac.id/JJPGSD/viewFile/11014. Diakses pada 18 April 2018. Pukul 19.49 WIB.
Kemendiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.
Murniati, Rina. 2017. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar PKn Siswa SDN. Metro. http://digilib.unila.ac.id/27527/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf. Diakses pada 20 April 2018. Pukul 14.00 WIB.
Riandra, Ferly. 2013. Pengaruh PenerapanModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Pemahaman Konsep Matematis siswa. Bandar Lampung.http://digilib.Unila.ac.id/22289/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf. Diakses pada 20 April 2018. Pukul 14.16 WIB.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabe-ta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.