Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Surya Ardinata, Siswantoro Siswantoro, Suwarjo Suwarjo

Abstract


The problem of this research was the students’ result of mathematic learning in State Elementary School of 1 Totokaton was still low. This study aims to find out the effect of cooperative learning model TPS type implementation to the student’s result of mathematic learning. The method of this research was experimental research which used non-equivalent control group design. The instrument of data collection that used by researcher are multiple choice test. The results showed that tratio = 2,20 > ttable = 2,02 indicating that significance and Ha declared accepted. The conclusion that there is a significant and positive effect of the cooperative learning model TPS type.

 

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Totokaton. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar Matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain eksperimen non equivalent group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes pilihan jamak untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa thitung = 2,20 > ttabel = 2,02 yang menandakan tingkat kebermaknaannya signifikan dan Ha dinyatakan diterima. Kesimpulannya terdapat pengaruh yang signifikan dan positif dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, think pair share, matematika.


References


Boleng. Dididmus Tanah. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script dan Think-Pair-Share terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Sosial, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Multietnis. Jurnal Pendidikan Sains. 2 (2):76-84. Dalam URL: http://journal.um.ac.id/index.php/jps/. Diakses pada 21/04/2018@15.20 WIB.

Firmanto, Dedi. 2014. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share(TPS) terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Rukti Harjo. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Skripsi.FKIP Unila. Bandar Lampung. 2014. 3 (3): 3-11. Dalam URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/9037. Diakses pada 21/04/2018@14.20 WIB.

Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor. Ghalia Indonesia.

Karyawati, Ni Komang, 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Kartu Kerja terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2 (1): 1-10. Dalam URL: Http://Download.Portalgaruda.Org/Article.Php?Article=145603&Val=1342&Title=Pengaruh%20model%20pembelajaran%20kooperatif%20tipe%20think%20pair%20square%20berbantuan%20kartu%20kerja%20terhadap%20hasil%20belajar%20matematika. Diakses pada 20/04/2018@21.10 WIB.

Lestari, Dewi. 2013. Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Simetri Lipat di Kelas IV SDN 02 Makmur Jaya Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako. 3 (2): 129-141. Dalam URL: https://media.neliti.com/media/publications/121377-ID-penerapan-teori-bruner-untuk-meningkatka.pdf. Diakses pada 21/04/2018@14.00 WIB.

Mahendra, I Wayan Eka. 2017. Project Based Learning Bermuatan Etno Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia. 6 (1): 106-114. Dalam URL: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/9257. Diakses pada 20/04/2018@19.00 WIB.

Nurhayati & Irwan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. 2 (1): 61-68.Dalam URL: http://jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/download/123/105. Diakses Pada 19/04/2018@15.30 WIB.

Nurngaeni, S., Sardjiman, P., & Murti, R. C. 2013. Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembagian Bilangan Asli Siswa Kelas II SD Negeri 3 Bajong Bukateja Purbalingga. Jurnal Pendidikan. 2 (9): 1-8. Dalam URL: http://eprints.uny.ac.id/15678/. Diakses pada 20/04/2018@14.30 WIB.

Razak, Firdha. 2016. The Effect of Cooperative Learning on Mathematics Learning Outcomes Viewed from Students’ Learning Motivation. Journal of Research and Advances in Mathematics Education. 1 (1): 49-55. Dalam URL: http://journals.ums.ac.id/index.php/jramathedu/article/view/1785. Diakses pada 20/04/2018@21.00 WIB.

Rizkiyah, Musa’adatul. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair- Share (TPS) Disertai Metode Guided Note Taking (GNT) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Gerak Lurus di SMANegeri Rambipuji. Jurnal Pembelajaran Fisika. 6 (3): 278-284. Dalam URL: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/5325. Diakses pada 21/04/2018@20.20 WIB.

Sisdiknas. 2016. UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sinar Grafika.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung. Alfabeta.

Sumarni, Sri. 2016. Think Pair Share (TPS) Effect of Understanding the Concept and Achievement. Journal of International Conference On Teacher Training and Education. 2 (1): 783-787. Dalam URL: https://jurnal.uns.ac.id/ictte/article/view/8300. Diakses pada 21/04/2018@20.20 WIB.

Supatni, Ni M. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Prestasi Belajar Matematika dengan Kovariabel Kemampuan Numerik Siswa Kelas VI di SD Gugus II Bedulu. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 5 (1): 1-9. Dalam URL: https://media.neliti.com/media/publications/207297-pengaruh-model-pembelajaran-think-pair-s.pdf. Diakses pada 20/04/2018@17.10 WIB.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta. Ar-ruzz Media.

Suwangsih, Erna, dan Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung. UPI PRESS.

Wahyuni, Sri, Darsono, & Pargito. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Inquiri untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Sosial di Masyarakat. Jurnal Studi Sosial. 4 (1): 30-41. Dalam URL: https://media.neliti.com/media/publications/41058-ID-pengembangan model-pembelajaran-inquiri-untuk-meningkatkan-kemampuan-memecahkan. Diakses pada 19/04/2018@21.30WIB.

Wulandari, Rika. 2015. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Mia SMA Negeri 2 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal. STKIP PGRI. Lubuklinggau. 5 (1): 5-17. Dalam URL: http://mahasiswa.mipastkipllg.com/repository/jurnal%20rika%20wulandari(4010029).pdf. Diakses pada 21/04/2018@21.00 WIB.

Wulandari, Rizki, & Antonius Tri Widodo. 2013. Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 7 (1): 1083-1092. Dalam URL: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/viewFile/4409/3774. Diakses pada 20/04/2018@20.00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.