Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa SD
Abstract
The problem of this study is the low learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri 2 Metro Selatan on thematic learning. The purpose of research to know the significant effect of applying model cooperative learning type scramble to student learning outcomes. This research uses experimental method with non equivalent control group design. The population of this research is which 44 students. The research instrument used was questionnaire of choice of plural form. Data analysis using independent t-test statistical test of data of 2,543 while of 2.021 comparison shows that > (2,543> 2.021) it’s means accepted. There is a significant influence on the application of cooperative learning model of scramble type to student learning outcomes.
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan pada pembelajaran tematik. Tujuan penelitan untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan model cooperative learning tipe scramble terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 44 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tes bentuk pilihan jamak. Analisis data menggunakan uji statistik independent sample t-test data thitung sebesar 2,543 sedangkan ttabelsebesar 2,021 perbandingan tersebut menunjukan bahwa thitung> ttabel (2,543 > 2,021) berarti Haditerima. Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model cooperative learning tipe scramble terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: cooperative learning, scramble, hasil belajar, tematik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Altun, Sertel. 2015. The Effect of Cooprative Learning on Student’s Achievement and Views on the Science and Technology Course. International Electronic Journal of Elementary Education, 7(3), 451-468.
Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk SD, SLB, TK. Bandung. Yrama Widya.
Astuti, Ni Kd. Widi. (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Koope
-ratif Tipe Scramble Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Di Gugus I Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ga-nesha. 1-10.
Deviana, Ni Luh Novita. (2017). Model pembelajaran scramble berbantuan bahan manipulatif berpengaruh terhadap kompetensi matematika. Journal Of Education Tecnology. 133-140.
Elisa. (2014). An analysis of the second year students’ ability of SMAN 1 suliki in rearranging scrambled sentences into a good hortatory exposition text. e- jurnal Bunghatta, 3(5), 1-8.
Gunawan, Muhammad Ali. 2013. Statiska Penelitian Pendidikan. Yogyakarta. Parama Publising.
Himawati, Azizah. (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Pembelajaran Ketrampilan Menulis Pantun Pada Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.
Huda, Miftahul. 2014. Cooperatif Learning. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Kurniasih, Ima & Sani Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta. Kata Pena.
Ristiani, Resta. (2017). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 6 Subtema 1 pembelajaran 3 siswa Kelas IV SDN 1 Metro Utara. http//digilib.
unila.ac.id/26845/17/SKRIPSI% 20TANPA %20 BAB%
PEMBAHASAN.pdf. Diakses pada 7 April 2018 pukul 10.00.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada.
Rustam, A. & Adli, M. (2016). Improving the results of math learning through scramble cooperative model with the approach of contextual teaching and learning model. Journal of Mathematics Education, 1(1), 7-14.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadia Media.
Suliadi, Ilham. (2017). Pengaruh Penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon di Kelas X SMA Negeri 8 Palu. Jurnal Akademika Kimia. Vol. 6. No. 4. 214-218
Tim Penyusun.2013. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta Departemen Pendidikan Nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.