Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik

Riska Mardiyana, Riswanti Rini, Maman Surahman

Abstract

The problem in this research is still the low of learning result in the study of temtaik in class IV SD Negri 1 Wargomulyo. This study aims to find out the differences and the influence of Cooperative Type Snowball Throwing learning model on thematic learning outcomes. This research is an experimental research using nonequivalent control grub design. The main instruments used are tests and observation sheets. Data were analyzed by using Mann-whaitney U test and wilcoxon test. From hypothesis testing can be concluded there is significant influence and difference on learning Cooperative Type Snowball Throwing to result of thematic learning lesson student of class IV SD Negeri 01 Wargomulyo

 

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar pada pembelajaran temtaik di kelas IV SD Negri 1 Wargomulyo. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui perbedaan dan pengaruh model pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control grub desain. Instrumen utama yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Data di analisis dengan mengunakan rumus uji mann-whaitney U tests dan uji wilcoxon. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh dan perbedaan yang signifikan pada  pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar pembelajaran tematik siswa kelas IV SD Negeri 01 Wargomulyo

 

Kata kunci : hasil belajar  pembelajaran tematik, snowball throwing.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Hamdayana, Jumata. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Irmayanti. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 1 Bintang Bayu Kabupaten Serdang Bedagai. Vol 3 No 1. Di ambil dalam http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/geo/article/view/831 .( 5 Januari 2018)

Ismail, Arif. 2008. Model-Model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Muafifah,anisaul. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Copperative tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Satuan Ukur siswa kelas IV disekolah dasar. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15483 di akses tanggal 24 februari 2018.

Negara Oka, I Gusti A Dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD Di Gugus Sri Kandi Kecamatan Denpasar Timur . Di Ambil Dari Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/JJPGSD/Article/Viewfile/924/794 Di Akses Tanggal 8 Maret 2018.

Rahman, Abd. 2017. Penerapan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Pada SDN No.1 Pantolobete. Vol. 5 No 4 di ambil dari http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3858.(5 januari 2018)

Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Penelitian Tindakan Kelas Teori, Metode, Model Dan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Widiana, I Wayan Dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dengan Kovariabel Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SD. (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014). Di Ambil Dari Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjpgsd/Article/View/3203 . Di Akses Tanggal 8 Maret 2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.