Hubungan Keterampilan Mengadakan Variasi dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS
Abstract
The problem in this research is the low of learning result of IPS. his study aims to analyze and know the relationship of skills to variation of IPS learning outcomes, learning motivation to IPS learning outcomes, and skills to hold variations and motivation of learning together towards the learning outcomes of high school students of SD Negeri 2 Metro Selatan. This type of research is quantitative, the approach used is ex-postfacto correlation. The population is 117 and the sample is 58 students. Data collection techniques used questionnaires and documentation studies. Data analysis used is product moment correlation and multiple correlation. Based on the analysis conducted the research results obtained that there is a relationship between the skills to hold variations on learning outcomes IPS, there is a correlation between the learning motivation of IPS learning outcomes, and there is a relationship of skills to hold the variation and motivation of learning together towards the learning outcomes of IPS students.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui hubungan keterampilan mengadakan variasi terhadap hasil belajar IPS, motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS, dan keterampilan mengadakan variasi dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS siswa kelas tinggi SD Negeri 2 Metro Selatan. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif, pendekatan yang digunakan yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 117 dan sampel sebanyak 58 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasil penelitian diperoleh bahwa ada hubungan antara keterampilan mengadakan variasi terhadap hasil belajar IPS, ada hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS, dan ada hubungan keterampilan mengadakan variasi dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS siswa kelas tinggi.
Kata kunci: IPS, keterampilan, motivasi, variasi pembelajaran
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin. 2014. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS di MI Taman Bakti Bogor. Skripsi Tanpa Pembahasaan. Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah.
Agustina, Lisa dan Ghullam Hamdu. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar.e journalPenelitian pendidikan. Vol. 12.
Artikawati, Rinta. 2016. Pengaruh Keterampilan Mengadakan Variasi terhadap Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 11 Tahun ke-5, 1074-1084. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Bakar, Ramli. 2014. The Effect Of Learning Motivation On Student’s Productive Competencies In Vocational High School, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science.
Khalid, Idhman. 2015. Keterampilan Mengadakan Variasi Dapat Meningkatkan Minat Belajar PKN bagi siswa kelas IX SMPN 1 Siabu. Forum Pedagogik Vol. 07 No. 02.
Lestari, Indri. 2016. Hubungan Keterampilan Mengelola Kelas Dan Mengadakan Variasi Dengan Minat Belajar Siswa Kelas V SD. 112 Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 2 Tahun ke-5 2016.
Mediawati, Elis. 2010. Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal pendidikan ekonomi dinamika pendidikan Vol. V No. 2.
Rehman, Asifa dan Kamal Haider. 2013. The Impact Of Motivation On Learning Of Secondary School Students In Karachi: An Analytical Study. Educational Research International. Volume 2 No. 2.
Stevani. 2016. Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Padang. Journal of Economic and Economic Education Vol.4 No.2.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.
Vibhulphol, Jutarat. 2016. Students Motivation and Learning and Teachers’ Motivational Strategies in English Classrooms in Thailan. Jurnal english
language teaching Vol. 9 No. 4.
Winarmi, Martina. 2008. Motivasi Belajar Ditinjau Dari Dukungan Sosial Orangtua Pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi Vol. 2.
Refbacks
- There are currently no refbacks.