Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V
Abstract
The problem in this research was the students result of thematic learning in SD Negeri 2 Labuhan Ratu Bandar Lampung was still low. This research aims to find the effect of implementation problem based learning and the difference before and after using problem based learning to the students result. The method of this research was quasi experiment, with nonequivalent control group design as the design of this research. The result shows that there is the difference and the effect by using problem based learning to the students result of thematic learning at the fifth grade of SD Negeri 2 Labuhan Ratu Bandar Lampung academic year 2017/2018.
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri 2 Labuhan Ratu Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning dan perbedaan sebelum dan sesudah penerapam model pembelajaran problem based learning terhadap hasil beajar peserta didk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment, dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Hasil analisis diperoleh terdapat perbedaan dan pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar tematik terpadu peserta didik kelas V SD Negeri 2 Labuhan Ratu Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018.
Kata kunci: model pembelajaran problem based learning, pembelajaran tematik terpadu, hasil belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung : Refika Aditama.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. PT. Jakarta : Rineka Cipta.
Gunantra, 2014, Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Garuda. Vol 2 No.1(http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/348) diakses pada 5 maret 2018 pukul 11.52 WIB
Kurniasih Imas & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Kata Pena.
Permendikbud Nomer 24 Tahun 2016. Jakarta : Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Sani, Abdul, Ridwan. 2015. Pembelajaran SAINTIFIK Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.
Suprijono, Agus. 2016. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.
Sutirman, 2013. Media & model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.