PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV

Rosnita Cecilia Marbun, Muncarno Muncarno, Kojat Sudiatmaja

Abstract

The subject of this three cycle classroom research were students of 4th class of SD Negeri 1 Panjang Selatan. The data analysis techniques in the form of qualitative and quantitative analysis. Data obtained through observation and formative tests. The results showed that there were  increase in activity and result of learning students.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data dalam bentuk analisis kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui observasi dan tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: TPS, aktivitas, hasil belajar, matematika.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta. 151 hlm.

Depdiknas. 2009. UU SISDIKNAS (Undang-Undang RI No. Tahun 2003). Sinar Grafika. Jakarta. 227 hlm.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning. Alfabeta. Bandung. 151 hlm.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta. 311 hlm.

Kristin. Penerapan Strategi Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih. Tesis tidak diterbitkan. LIB.UIN-Malang. Malang. 44 Pp.

Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Grassindo, Jakarta. 93 hlm.

Suprijono, Agus. 2009.Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar. Yogyakarta. 428 hlm.

Taniredja, Tukiran. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru. Alfabeta. Bandung. 168 hlm.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.