PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION DAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD

Vita Nurvatimah, Alben Ambarita, Nelly Astuti

Abstract


The data collection tehnique of this classroom action research is based on the type of data as desired. Data collection tool to describe the activities of the student in learning mathematics were assesment sheet and questionary sheet (observation sheet). Qualitative and quantitative technique were used to analyze data. The result show that the using RME and joyful learning increased the learn out come in each cycle.

Alat pengumpul data penelitian tindakan kelas adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: RME, PAKEM, aktivitas, hasil belajar.


References


Adji, Nahrowi & Maulana. 2006. Pemecahan Masalah Matematika. UPI PRESS. Bandung. 364 hlm.

Aisyah, Nyimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Dikjen Dikti Depdiknas. Jakarta. 308 hlm.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan kelas. Bumi Aksara. Jakarta. 152 hlm.

Budimansyah, Dasim, dkk. 2010. PAKEM: Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Genesindo. Bandung. 238 hlm.

Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Tulip. Banjarmasin. 168 hlm.

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta. 242 hlm.

Nasar. 2006. Merancang Pembelajaran Aktif dan Kontekstual Berdasarkan “SISKO”. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta. 82 hlm.

Rosdijati, Nani, Zainal Aqib, & Trimo. 2010. Panduan PAKEM IPS SD. Penerbit Erlangga. Jakarta. 79 hlm.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers. Jakarta. 420 hlm.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta. 236 hlm.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung. 168 hlm.

Sukiman. 2011. Pengembangan Sistem Evaluasi. Insan Madani. Yogyakarta. 286 hlm.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung. 286 hlm.

Sumantri, Mulyani & Nana Syaodih. 2007. Materi Pokok Perkembangan Peserta Didik. Universitas Terbuka. Jakarta. 294 hlm.

Tarigan, Daitin. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas. Jakarta. 167 hlm.

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Graha Ilmu. Yogyakarta. 98 hlm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.