Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Terpadu Kelas IV

Winda Jayanti Mandasari, Rochmiyati Rochmiyati, Loliyana Loliyana

Abstract


The problem of this research is still low the results of learning students in SD Al-Azhar 1 Way Halim Bandar Lampung. The purpose of this research to determine the effect of learning model SQ3R against the results of learning students on learning integrated. The method used in this study is a method quasi experiment with the study design nonequivalent control group design. This study using purposive sampling. Instrument used in this study test results of learning and the rubric assesment SQ3R learning model. Data analysis use of regressing linear simple. The result of research shows that a model of learning SQ3R influential on the results of learning students on learning at the fourth grade of SD Al-Azhar 1 Way Halim Bandar Lampung academic year 2017/2018.

Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa di SD Al-Azhar 1 Way Halim Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitan ini tes hasil belajar dan rubrik penilaian model pembelajaran SQ3R. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SQ3R berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran terpadu kelas IV SD Al-Azhar 1 Way Halim Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci: hasil belajar, SQ3R, pembelajaran terpadu.


References


Dimyati dan Mudjiono.2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hanafiah.2010. Model Pembelajaran Membaca.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Permendikbud. 2013. Undang-Undang Nomor.67 Tahun 2013 tentang: Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD-MI.

Rakhmat, dkk. 2006. Pembelajaran SQ3R dalam Pendidikan.. Jakarta: Rineka Cipta.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.