Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Model Kooperatif Tipe CIRC
Abstract
The purpose of this research was to increase the activities and learning result of students of Indonesian language with cooperative learning model CIRC type. This research was a classrom action research which is implemented in 2 cycles and each cycle consists of: planning, action, observation, and reflection. The data collection technique used test and nontest technique. Data analysis techniques used qualitative analysis and quantitative analysis The results showed that the implementation of cooperative learning model type CIRC can increase the activity and learning result of students of Indonesian language classes VC SD Negeri 6 Metro Barat.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VC SD Negeri 6 Metro Barat.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, Bahasa Indonesia, CIRC
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta.Rineka Cipta.
BSNP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Depdiknas.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta. Katapena.
Miftahuljannah, Tika. 2013. Pembelajaran Apresiasi Prosa Fiksi Melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VB SDN 08 Metro Timur TP.2012/2013. Lampung. Universitas Lam-pung.
Mulyasa, 2014. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Nurmala, Asih Fatma. 2014. Penerapan Model Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam Peningkatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Tentang Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas VA SD Negeri Selang Tahun Ajaran 2013/2014. Kebumen. Uni-versitas Negeri Surakarta.
Slavin, Robert. 2008. Cooperative Learning-Teori, Riset dan Praktik. Bandung. Nusa Media.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana Perdana Media Group.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pem-belajaran Inovatif. Sidoarjo. Masmedia Buana Pustaka.
Tim Penyusun. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.
Refbacks
- There are currently no refbacks.