Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf Dan Gambar Dengan Keterampilan Membaca Siswa

Selvira Agnesia, Fitria Akhyar, Een Y. Haenilah

Abstract


The problem in this research is less skilled learners in reading. The aim in this study is to find out and analyze the relationship of the letter cards and media use images with intermediate reading. This research using quantitative methods, with as many as 20 people, sample gathering techniques in this research is the observation and study of documentation, data analysis in this study uses the analysis of non-parametric correlation coefficient test rank spearman. Based on the results of research in the know that: (1) the correlation coefficient test results rank spearman first meeting there is a relationship between media use enough cards of letters and cards image by reading skills. (2) Secondly there is a very high relationship between media use card letters and cards image by reading skills. (3) the third there is a connection between the high use of media card letters and cards image by reading skills.

Masalah dalam penelitian ini adalah peserta didik kurang terampil dalam membaca. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis hubungan penggunaan media kartu huruf dan gambar dengan keterampilan membaca siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan sampel sebanyak 20 orang, teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah observasi dan studi dokumentasi, analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis non-parametrik uji koefisien korelasi peringkat spearman. Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa: (1) Hasil uji koefisien korelasi rank spearman pertemuan pertama ada hubungan cukup antara antara penggunaan media kartu huruf dan kartu gambar dengan keterampilan membaca siswa. (2) Kedua ada hubungan yang sangat tinggi antara penggunaan media kartu huruf dan kartu gambar dengan keterampilan membaca siswa. (3) Ketiga ada hubungan yang tinggi antara penggunaan media kartu huruf dan kartu gambar dengan keterampilan membaca siswa.

Kata kunci: kartu gambar, huruf, keterampilan membaca


References


Arsyad, Azhar. 2007 Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: PT. Rineka Cipta,

Djamarah, Syaiful, Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Danang Nugroho Jati. Penerapan Media Kotak Huruf dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas I MI Karangasem Ketapang Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun 2010. 2011. Jurnal Jurusan Tarbiyah Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri, Salatiga. http://www/hendra0708.wordpress.com/, Diakses pada Tanggal 19 Mei 2015 Jam 8.59 WIB.

Faisal, Sanapiah. 2009. Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Radar Jaya Offset.

Mahmuda. 2008. Kartu Bergambar Flashcard, Jakarta: Oryza.

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia, 2005. Yogyakarta: Erlangga.

Sabri, Ahmad. 2007. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. , Jakarta: Quantum Teaching.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R dan D, Bandung: Alfabeta.

Tang La, Ambo. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Kartu Bergambar pada Siswa Kls V SDN 274 Mattirowalio Wajo, Crain Wiliam, Teori Perkembangan, 2008. Jurnal Pendidikan PT Pustaka Belajar. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id. Diakses pada Tanggal 19 Mei 2015 Jam 9.30 WIB.

Usman, M. Basyirudin dan Asnawir. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press

Wulandari. 2008. Menangani Kesulitan Belajar Membaca. Jakarta: Depdikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.