Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA

Tiras Adi Arisandi, Darsono Darsono, Rini Asnawati

Abstract

The problem in this research is the low of science learning result. The objective of this research is to know the influence of the use of experimental method to the science learning outcomes, The type of research used in this study is experimental research. with Pretest-posttest control design design. Data collection was done by using the test, with the explanation that the test to mengatahui science learning outcomes in students. Data analysis using inferential analysis techniques, and sample t test. The result of this research is conclusion that there is influence of experimental method to science learning result and there are difference of learning result between control class and experiment class in fourth grade students of SD Negeri 4 Metro Utara

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian Pretest-posttest control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dengan penjelasan bahwa tes untuk mengatahui hasil belajar IPA pada siswa. Data analisis dengan menggunakan teknik analisis inferensial, dan sample t test. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA dan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Metro Utara

Kata kunci : hasil belajar, metode eksperime, dan IPA

References

Ali, Muhammad. 2009. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung. Angkasa.

Djamarah,dkk. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Palendeng, 2003. Strategi Pembelajaran Aktif. Jakarta, Ghalia Indonesia

Pranolo, Hermawan Hery. 2013. Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA SDN Sukomulyo Ngaglik Sleman. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta:

Rahayu, Puri Dwi. 2013. Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pengaruh Perubahan Lingkungan Fisik Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Bakalan Krapyak Tahun 2012/2013. Kudus. Universitas Muria Kudus

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabet.

Sulistyorini. 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasan dan Penerapannya Dalam KTSP. Semarang. Tiara Wacana.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SIDIKNAS).Jakarta. Pustaka Pelajar

Yusuf, dkk. (2007). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.