Hubungan Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V SD

Abdul Ajis, Fitria Akhyar, Sulton Djasmi

Abstract


The problem that discussed in this study is the low learning achievement in social science subject and discipline of fifth grade elementary student. This study aimed to determine the relation between learning discipline and student learning achievement in social science subject of SD Negeri 1 Gunung Terang. The method that used in this study was correlational method. The population were all fifth graders. The samplw were 38 student that has been taken with total sampling. This study has independent variable and dependent variable; those were learning discipline and student learning achievement, respectively. The data were collected by observation, documentation, and questionnaire. The result of this study show that rcount is 0,774 > rtable is 0,320. It can be concluded that there is the positive and tight relation between learning achievement and student learning achievement in social science subject.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPS dan disiplin belajar siswa kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Gunung Terang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, sebanyak 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi dengan rumus korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan kuat antara disiplin belajar dengan prestasi IPS siswa.

Kata kunci : disiplin, IPS, prestasi belajar


References


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S.B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hendarwati, E. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pedagogia. Vol 2 No 1. Tersedia di http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/47. [diakses pada 17 Juli 2017].

Prijodarminto. 2004. Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: Pradnya Paramita.

Schunk, D.H. 2012. Learning Theories. An Educational Perspective 6th Ed. Pearson Education Inc. Boston. Tersedia di en.bookfi.org/ . [diakses pada 15 Mei 2017].

Rifani, Mentari Intan, Nazaruddin Wahab, dan Riyanto M. Taruna. 2015. Hubungan Antara Disiplin Belajar DenganPrestasi Belajar IPS. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Bandar Lampung. Vol 3, No 2. Tersedia di

http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/8798. [diakses pada 17 Juli 2017]

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyono & Hariyanto. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT. Rosda karya remaja.

Umawaroh, Riswanti Rini, dan Lilik Sabdaningtyas. 2015. Hubungan Antara Disiplin Belajar DenganPrestasi Belajar Siswa. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Bandar Lampung. Vol 3, No 1. Tersedia di

http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/8505. [diakses pada 17 Juli 2017]

Undang Undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.