Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Subtema Usaha Pelestarian Lingkungan
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of multimedia usage on thematic learning outcomes of grade V students of SD Negeri 6 Metro Pusat in 2016/2017 academic year. The type of this research was experimental research. The design used in this research was quasi exsperimental design. Determination of research sample using purposive sampling with class V A as experiment group and class V C as control group with total number of 46 students. Data collection tools using cognitive tests and questionnaires. Data analysis using statistical test of independent sample t-test. The learning outcomes in this study were limited only to the cognitive domain. The results showed there was a positive and significant influence between the use of multimedia to the usaha pelestarian lingkungan subtheme learning outcomes.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia terhadap hasil belajar tematik kelas V SD Negeri 6 Metro Pusat tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi exsperimental design. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampling purposive dengan kelas V A kelompok eksperimen dan kelas V C kelompok kontrol dengan jumlah seluruh 46 siswa. Alat pengumpul data menggunakan tes kognitif dan angket. Analisis data menggunakan uji statistik independent sample t-test. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi hanya pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan multimedia terhadap hasil belajar subtema pelestarian lingkungan.
Kata kunci: hasil belajar, multimedia, pembelajaran tematik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Batubara, D. S. (2017). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI (Potret, Faktor-faktor, dan Upaya Meningkatkannya). Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 3 No. 1.
Gagarin, Y. Muhammad, dkk. 2014. Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah terhadap Kinerja Guru di Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur. (Tesis). e_journal Program Pascasarjana UNHAS. 8 Oktober 2014. http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/6ac336932b3ec1a415c4767d5cc0684f.pdf. Diakses pada 20 November 2017.
Huda N. H. Penerapan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. 13 Januari 2016. http://pd.pps.uny.ac.id/berita/penerapan-media-pembelajaran-dalam-kegiatan-belajar-mengajar-di-sekolah-dasar.html. Diakses pada 25 November 2017.
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung, Alfabeta. 374 hlm.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. PT. Prestasi Jakarta, Pustakaraya. 215 hlm.
Niarsa, A. 2013. Studi Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) DI SD Negeri 01 Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora. IJCET. Vol 1 No 2.
Niarti, Novi. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Menyimak Untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Pedagogi. Vol 5, No 1.
Nuh, Mohammad. 2013. Arahan Mendikbud Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: www.kemendikbud.go.id. Diakses pada 25 Maret 2017.
Puspitasari, Desi. 2014. Pengembangan Multimedia Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Subtema Daur Air Di Sekolah Dasar. (Skripsi). 31 Oktober 2014. UPI Digital Repository. http://repository.upi.edu/11718/. Diakses pada 15 Februari 2017.
Prasetyo. Totok (2017), Guru Harus Melek Teknologi Media Informasi. 31 Oktober 2017. http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/17/10/31/oyou0g284-guru-harus-melek-teknologi-media-informasi. Diakses pada 15 November 2017.
Roncevic, A. (2009) Multimedia in primary school. (Doctoral Thesis). 2009. Dllib University Of Ljubljana. https://www.dlib.si/stream/URN:NBN:SI:DOC-KXDUHYNX/fc8ca9ec-a946-4b58-a3d8-d0dcd1b04603/PDF. Diakses pada 20 November 2017.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung, Alfabeta. 380 hlm.
Surachman, Eman. 2016. Workshop Pemanfaatan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatkan Efektifitas Pembelajaran Serta Profesionalitas Pendidik di SD Negeri 194 Jakarta. Jurnal Sarwahita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 13 No 2.
Yusrizal, & Safiah, dkk. Kompetensi Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah. Volume 2 Nomor 2, 126-134.
Refbacks
- There are currently no refbacks.