Pengembangan LKPD dengan Model PBL Sub Tema Macam-macam Sumber Energi Kelas IV SD

Lidya Marlela Ruzadiana, Chandra Ertikanto, Suwarjo Suwarjo

Abstract

This research aims to develop student workheet thematic, to find out the effectiveness of using thematic student workheet and to find out ease of using thematic student workheet fourth grade students of SDN 2 Harapan Jaya. This research method used Research and Development (R & D). Data collection tools use questionnaires, tests and observations and are analyzed descriptively. The results showed that the development of LKPD according to the needs of students and teachers, through the validation of material experts and media experts. LKPD Effective use with experimental class Gain of 40.6 with Ease of development of LKPD through questionnaire improve learning outcomes.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD tematik, mengetahui efektivitas penggunaan LKPD tematik dan mengetahui kemudahan penggunaan LKPD tematik siswa kelas IV SDN 2 Harapan Jaya. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Alat pengumpulan data mengunakan angket, tes dan observasi dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan LKPD sesuai kebutuhan siswa dan guru, melalui validasi ahli materi dan ahli media. LKPD Efektif digunakan dengan Gain kelas eksperimen sebesar 40,6 dengan. Kemudahan pengembangan LKPD melalui angket meningkatkan hasil belajar.

Kata kunci: lembar kegiatan peserta didik, problem based learning,efektivitas.

Full Text:

PDF

References

Buchori. 2007. Educational Research; An Introduction. New York: Fourth Edition. Longman.

Che-Di Lee, 2014 Worksheet Usage, Reading Achievement, Classes Lack of Readiness, and Science Achievement: A Cross-Country Comparison International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology National 2 (2) 96-106 ISSN: 2147-611X. Tersedia: http:// a-cross-country-

Chung, Pauline. 2013. The Non Efects of Using Muscle Memory Activities and fading worksheets to teach two preschool Students diagnosed with developmental delays handwriting. Jurnal Internasional. 2 --(2), --11-15. Tersedia: http://liaprivat.com/wp-content/uploads/2017/05/ (diakses 20 Juli 2017).

Collete dan Chiappeltta. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Dilengkapi LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pada Materi Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X MIA 1 SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia 4 (4), 46-53. Tersedia: https://media.neliti. com/media/publications/123765-ID-penerapan-metode-pembelajaran-problem-so.pdf (diakses 12 Juni 2017).

Degeng, N.S. 2007. Ilmu Pembelajaran (Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian). Bandung: Aras-media.

Dezricha, Rizky F & Rohayati. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika. 8 (1), 96-109. Tersedia: https://online-journal.unja.ac.id/index.php/sainmatika/article/view/2226. (diakses 20 Juli 2017).

Fitriani, M. Hasan, Musri. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah untuk Meningkatkan PemahamanKonsep dan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 04 (2), 24-35 -Tersedia: -https:-//media. neliti.com /media/ pub-lications/121151- ID-pengembang-an-lembar-kegiatan-peserta-did.pdf (diakses 25 Oktober 2017).

Gagne, R. 2013. The Conditions of Learning (Fourth Edition). New York: Holt, Rinehart & Winston.

Ibrahin, Nur. 2010. Pengajaran Berdasarkan-Masalah. Univer-sitas Negeri Surabaya. Tersedia http://pendidikan. id/bse/-Dis-play/Detail/ pengajaran- berd-asarkan- masalah_Rohmat-_Nur_Ibrahim_dan_Hendi_Hudaya_2010 (diakses 12 Juli 2017).

Iskandar. 2011. Metode Penelitian Pendidikan(PendekatanPendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Tersedia http://teaching-Display/Detail/ metode penelitian-pendidikan-pendekatan-kuantitatif-kualitatif-dan r&d- (diakses 12 Juli 2017).

Ely Rochmawati, M. Thamrin Hidayat, dan Isnawati. 2012. Identifying Non-English Department Students Weakness Points On Commonly Found EPT Grammar Problems. Jurnal Educate Pendidikan Bahasa dan Sastra. 3 ( 2), 1-12. Tersedia: http://-interaktif- iden-tifying/non/english/department/students/weaknes/points/on/commonly/p/grammar/problems (diakses 10 Agustus 2017).

Kartono. 2006. Pengantar Psikologi Pendidikan Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mudjiman, Haris. 2007. Belajar Mandiri. Yogyakarta: UNY Press.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Rahayu Rina, dan Endang W. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Problem-Based Learning. Jurnal Kependidikan 45 (1) 29-43. Tersedia https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article (diakses 26 Oktober 2017)

Rizki Wahyu, Nurmaliah Cut dan M. Ali. 2016. Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Biotik 4 (2), 136-142. Tersedia https://scholar.google.co.id/scholar?q=jurnal (diakses 26 Oktober 2017).

Shoffa, Ulya H. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Mapel IPA Untuk Siswa Kelas V Di SDN Kuwaron 1. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan. (5), 53-61. Tersedia: https://www. neliti.com/publications /127593/penerapan-model-problem-based-learning (diakses 19 Juli 2017).

Soedijarto. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Pemanfaatan Buku Teks Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV.Remaja Karya.

Suharmanto Puji, Nor fitria Anissa, dan Ghaliyah Sitti. 2015. Indonesia Geothermal energy Potential as source of Alternative Energi Power Plan. International jurnal KnE published by knowledge Publishing Services. ISSN 2413 - 5453 1 (2) 119 - 124. Tersedia: https://www.international jurnal kne published by renewable energi and energy conversion conference and exhibition (diakses 7 Agustus 2017. Pukul 08.30 WIB).

Sulistyorini, Sri. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suyitno. 2012. Optimized Learning Strategy. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Suyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.