Pengembangan Instrumen Asesmen Berpikir Kritis pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Di Kecamatan Tumijajar

Anggi Hernawan, Lilik Sabdaningtyas, Caswita Caswita

Abstract


The purpose of this research is to develop a critical thinking assessment instrument on thematic learning of fourth-grade students of the elementary school in Tumijajar. The research method used is research and development by Borg & Gall. The data collection tool uses tests and questionnaires. The population of the study is the fourth-grade of 172 students in Tumijajar. The sample was taken by using random sampling technique as many as 30 students of grade IV of SD Negeri 01 Daya Sakti, 62 students of grade IV of SD Negeri 01 Daya Asri, and 22 students of class VI SD Negeri 01 Daya Murni. The result of the research is the realization of critical thinking assessment instrument on thematic learning and there is a difference between students who use instruments with those who do not use critical thinking assessment instruments
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen asesmen berpikir kritis pada pembelajaran tematik siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Tumijajar. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development oleh Borg & Gall. Alat pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 172 siswa di Kecamatan Tumijajar. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik random sampling sebanyak 30 siswa kelas IV SD Negeri 01 Daya Sakti, 62 siswa kelas IV SD Negeri 01 Daya Asri, dan 22 siswa kelas VI SD Negeri 01 Daya Murni. Hasil penelitian diperoleh adalah terwujudnya instrumen asesmen berpikir kritis pada pembelajaran tematik dan ada perbedaan antara siswa yang menggunakan instrumen dengan yang tidak menggunakan instrumen asesmen berpikir kritis.

Kata kunci: instrumen asesmen, berpikir kritis, pembelajaran tematik


Full Text:

PDF

References


Amalia, N. F., & Susilaningsih, E. 2014. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada materi Asam Basa. Jurnal Inovasi pendidikan Kimia. Vol.8, No.2:1380-1389. Tersedia pada: http://www.ijessnet.com/wp-content/uploads/2015/08/6.pdf. Diakses pada tanggal 21/06/2017.

Arifin. Zaenal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Badria. 2014. Pengembangan Instrumen Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Kimia Pada Materi Laju Reaksi Untuk Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Inovasi Kimia. Vol.2, No.3:124-135. Tersedia pada: http://mulok.library.um.ac.id/index3.php/66372.html. Diakses pada 23 Agustus 2017.

Borg, W. R. & Gall, M.D.1983. Educational researcher: An Instruction, (4rd ed.). New York: Longman.

Depdiknas. 2003. Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Ennis, R. H,. 1985. Goal for a critical Thinking Curriculum, Bright Minds: A Resourse Book for Teaching Thinking. ASDC. Virginia.

Fatonah, Siti.Suyata, Pujiati. Prasetyo, Zuhdan Kun.2013. Developing an Authentic Assessment Model in Elementary School Science. Teaching. International Journal Education. University Yogyakarta.Vol.4 No13, Hal 50-60. (On Line).Tersedia pada : http://dx.doi.org/10.5539/ elt.v8n7p164. Diakses pada tanggal 09/12/2016. Fisher. 2009. Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga.

Ghandi, I. N., Bakar, K. A., Alwi, N. A., & Talib, Othman. 2013. Measuring Critical Thinking Skills Of Undergraduate Students In Universiti Putra Malaysia. International Journal of Asian Social Science. Vol.3 No.6:1458-1466. Tersedia pada: www.aessweb.com/pdf-files/ijass-3(6)-1458-1466.pdf . Diakses pada tanggal 21/03/2017 .

Kemdikbud. 2013. Permendikbud 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lissa. 2012. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Materi Sistem Respirasi dan Ekskresi. Jurnal Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Volume 41 Nomor 1, hal. 27 32.Tersedia pada: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/222.

Miller, P. W. 2008. Measurement and teaching. Patric W. Miller and Associates. Munster.

Mullis, I. V. S., Martin M. O., Foy P., & Arora A. 2012. TIMSS 2011 International result in mathematics. TIMSS & PIRLS International Study Centre. Boston.

Piaw, Yan Chua . 2010. Building a test to assess creative and critical thinking simultaneously. Procedia Sosial and Behavioral Science2 Vol 2: 551-559. Tersedia pada: http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042810001023. Diakses pada tanggal 18/07/2017.

Ridwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru dan Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Ritdamaya, Desi dan Suhandi. 2016. Konstruksi Instrumen Tes Ketrampilan Berpikir Kritis Terkait Materi Suhu dan Kalor. Jurnal penelitian dan Pengembangan Fisika. Vol.2 No.2:ISSN 2461-1433(online). Diakses pada tanggal 16/07/2017. Tersedia pada: journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpppf/article/view/69.

Sastrika, Ida Ayu Kade. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3, hal. 40 55. Tersedia pada: pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/799.

Subroto, Suryo. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2010. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Penialian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara.

Subroto, Suryo. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Wardhani, S.,& Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP : Belajar dari PISA dan TIMSS (Modul Matematika SMP Program Bermutu). Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.